PENGARUH EKONOMI KELUARGA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS MAFATIHUL HUDA PADAKATON BREBES

RINI DARSINI, (2012) PENGARUH EKONOMI KELUARGA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS MAFATIHUL HUDA PADAKATON BREBES. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RINI DARSINI_07440615__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

RINI DARSINI, NIM 07440615: Pengaruh Ekonomi Keluarga Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MTs Mafatihul Huda Padakaton Brebes. Pendidikan disamping merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa juga sekaligus meningkatkan harkat dan martabat manusia. Melalui pendidikan itulah diharapkan dapat tercapai peningkatan kehidupan manusia kearah yang lebih sempurna. Faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu kemampuan ekonomi orang tua siswa yang bersangkutan. Begitu juga dengan kemampuan ekonomi keluarga/orang tua erat hubungannya dengan belajar anak Masalahnya adalah bagaimanakah pengaruh ekonomi keluarga siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Mafatihul Huda Padakaton Brebes? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Mengetahui ekonomi keluarga siswa di MTs Mafatihul Huda Padakaton Brebes, Mengetahui prestasi belajar siswa dengan ekonomi keluarga siswa pada mata pelajaran ips di mts mafatihul huda padakaton brebes, Mengetahui seberapa besar pengaruh ekonomi keluarga siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Mafatihul Huda Padakaton Brebes. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan suatu pendekatan empirik. Kemudian data yang telah diperoleh dikumpulkan, dianalisis, dan juga disajikan secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara, teknik dokumentasi, dan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hipotesis yang penulis ambil adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara ekonomi keluarga siswa terhadap prestasi belajar siswa. Dalam rangka mencapai prestasi belajar anak tentu harus ditunjang oleh berbagai sarana dan media belajar terutama dalam rumah tangga. Namun demikian, pemenuhan kebutuhan belajar anak harus ditunjang oleh kecukupan dan kemantapan ekonomi keluarga. Ekonomi keluarga sangat termasuk salah satu faktor keberhasilan dan kegagalan pendidikan bagi anak guna mencapai prestasiyang optimal dalam prestasi belajar. Adapun hasil yang diperoleh dari perhitungan product moment adalah 0,447 yang berarti ada hubungan yang positif antara ekonomi keluarga siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jika dilihat dari tabel koefisien korelasi, nilai 0,447 termasuk dalam kategori lemah atau rendah. Dari perhitungan nilai koefisien penentu (determinan) pengaruhekonomi keluarga siswa terhadap prestasi belajar siswa sebesar 20% dan sisanya 80% ditentukan oleh variabel lain. Jika dilihat dari hasil uji-t, diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Mar 2017 04:58
Last Modified: 07 Jun 2017 01:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/901

Actions (login required)

View Item View Item