UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH DI SMA NEGERI 1 SUBANG KUNINGAN

Asep Jamaludin Baharsyah, (2021) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH DI SMA NEGERI 1 SUBANG KUNINGAN. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Dengan adanya program shalat dzuhur berjamaah di SMA Negeri 1 Subang bertujuan agar siswa bisa menggunakan waktu luangnya dengan beribadah dan meningkatkan kedisiplinan diri serta mendidik siswa-siswanya agar mempunyai sifat taqwa kepada Sang Pencipta namun Pada kenyataanya masih ada siswa yang tidak melaksanakan shalat duhur berjama’ah jika tidak diingatkan, masih ada siswa yang terlambat shalat berjamaah bahkan tidak melaksanakan sama sekali, agar kegiatan shalat berjama’ah dapat terlaksana dengan baik, maka perlu adanya upaya yang dilakukan khususnya oleh guru pendidikan agama islam untuk meningkatkan kedisplinan shalat dzuhur berjamaah agar semua siswa siswi sudah mengerti akan kewajibannya. Penilitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedisplinan shalat dzuhur berjamaah di SMA Negeri 1 Subang, faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama islam serta solusi yang harus dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat tersebut. Kata upaya memiliki arti yaitu yang didekati atau pendekatan untuk mencapai suatu tujuan upaya disini adalah usaha atau ikhtiar yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam dalam pembentukan kedisplinan shalat dzuhur berjamaah dan lebih ditekankan dalam meningkatkan kesadaran siswa dalam menjalankan shalat serta upaya mendasar guru pendidikan agama islam yaitu memberikan pemahaman yang tepat tentang bagaimana pentingnya shalat berjamaah. Penilitian ini merupakan penilitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian teknik analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verification/penarikan kesimpulan. Hasil penilitian menunjukan adanya (1) upaya guru pendidikan agama islam yang cukup signifikan hal ini dapat dilihat bahwa guru selalu berupaya dengan Memberikan contoh teladan, memberikan nasehat, memberikan dorongan, menegakan kedisplinan. (2) Kemudian faktor pendukung adalah adanya kerja sama antara semua guru, adanya tata tertib, adanya cctv dan adanya eksrakulikuler IRMAS, sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya pemahaman siswa, perilaku siswa, kurangnya personel guru yang mengontrol dan kurangnya pengawasan dari orang tua.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, Sholat Berjamaah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 28 Dec 2022 01:54
Last Modified: 28 Dec 2022 01:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9019

Actions (login required)

View Item View Item