PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI IPS-SEJARAH DI MA PRINGGABAYA KAPRINGAN KRANGKENG INDRAMAYU (Studi Eksperimen di Kelas X MA Pringgabaya Kapringan

ROHADI, (2012) PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI IPS-SEJARAH DI MA PRINGGABAYA KAPRINGAN KRANGKENG INDRAMAYU (Studi Eksperimen di Kelas X MA Pringgabaya Kapringan. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ROHADI_06450851__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ROHADI : PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI IPS-SEJARAH DI MA PRINGGABAYA KAPRINGAN KRANGKENG INDRAMAYU (Studi Eksperimen di kelas X MA Pringgabaya Kapringan). Dalam rangka usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan maka mutu guru dalam berbagai segi harus ditingkatkan pula. Pendekatan belajar dan strategi serta metode belajar termasuk faktor-faktor yang menentukan tingkat keberhasilan belajar. Karena dengan hal tersebut maka dalam pencapaian tujuan akan terarah sesuai tahapan yang ingin dicapai. Hasil survai penulis sebelumnya, strategi belajar yang digunakan di sekolah tersebut tidak variatif, tidak menarik minat siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar, strategi yang digunakan sebelumnya menggunakan strategi ceramah dan tanya jawab, selain itu pembelajaran yang tidak kondusif, mengakibatkan bahwa masih banyak siswa yang kurang begitu bergairah dalam belajar IPS-Sejarah selama guru hanya menggunakan strategi ceramah dan tanya jawab dalam pembelajaranya. Dari keadaan siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pelajaran IPS-Sejarah perlu dicarikan solusi-solusi terutama metode-metode mengajar yang dapat meningkatkan pemahaman, aktifitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS-Sejarah, respon siswa terhadap penerapan Metode Kerja Kelompok pada bidang studi IPS-Sejarah, dan besarnya pengaruh penerapan Metode Kerja Kelompok terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi IPS-Sejarah di MA Pringgabaya Kapringan Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu. Pendekatan belajar dan strategi serta metode belajar termasuk faktor-faktor yang menentukan tingkat keberhasilan belajar. Karena dengan hal tersebut maka dalam pencapaian tujuan akan terarah sesuai tahapan yang ingin dicapai. Salah satu strategi yang digunakan dalam belajar adalah strategi Metode Kerja Kelompok dari penerapan strategi tersebut mempunyai pengaruh penting terhadap proses balajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metodologi yang digunakan yaitu pendekatan empirik dan teoritik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di MA Pringgabaya Kapringan Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu yang berjumlah 28 siswa dari kelas X A sebagai kelas kontrol, dan 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes sebanyak 20 item, dan angket metode kerja kelompok sebanyak 20 item. Dari hasil pengolahan data menunjukkan bahwa skor rata-rata angket sebesar 49,30, dan nilai rata-rata tes diperoleh sebesar 79,33. Hubungan Metode Kerja Kelompok terhadap hasil belajar siswa menunjukkan korelasi sangat kuat sebesar 0,9778. Didapat besar pengaruh Metode Kerja Kelompok terhadap hasil belajar siswa sebesar 95,61% sedang 4,39% ditentukan faktor lain. Berdasarkan Uji-T didapat

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Mar 2017 05:02
Last Modified: 07 Jun 2017 01:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/902

Actions (login required)

View Item View Item