Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Remaja Di Pondok Pesantren Kampung Damai Kelurahan Perbutulan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon

Jiya Fazriyah, (2021) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Remaja Di Pondok Pesantren Kampung Damai Kelurahan Perbutulan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I skripsi Jiyah.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V skripsi Jiyah.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka skripsi Jiyah.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Kegiatan membaca Al-Qur’an rutin dilaksanakan di Pondok Pesantren Kampung Damai yang dibimbing guru, Salah satu guru yang berpengaruh adalah guru ngaji dimana seorang guru merupakan orang yang paling berpengaruh terhadap bidang agama seorang anak. Sehingga perlu diperhatikan bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an remaja di Pondok Pesantren Kampung Damai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an remaja di Pondok Pesantren Kampung Damai, kemampuan membaca Al-Qur’an remaja di Pondok Pesantren Kampung Damai, dan kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al�Qur’an remaja di Pondok Pesantren Kampung Damai. Peran guru atau dalam proses pendidikan merupakan ujung tombak bagi perwujudan kualitas pendidikan. Peran guru sangat penting bagi pembentukan kepribadian, cita-cita, dan visi misi yang menjadi impian hidup peserta didiknya di masa depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan langkah-langkah seperti observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, kemudian penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an remaja di Pondok Pesantren Kampung Damai telah menjalankan perannya dengan baik yaitu sebagai pendidik, sebagai model atau contoh bagi peserta didik, sebagai pengajar dan pembimbing dalam pengalaman belajar, sebagai pelajar, sebagai komunikator pembangunan masyarakat, sebagai administrator, sebagai demonstrator, sebagai pengelola kelas, sebagai mediator dan fasilitator. Adapun kemampuan membaca Al-Qur’an remaja di Pondok Pesantren Kampung Damai hampir seluruh santrinya telah membaca Al-Qur’an dengan fasih dan sesuai dengan ilmu Tajwid. Sedangkan yang belum lancar membaca Al-Qur’an ada pada santri yang baru masuk di Pondok Pesantren Kampung Damai. Selanjutnya, kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an remaja di Pondok Pesantren Kampung Damai adalah membimbing dan mengajarkan para santri yang baru masuk ke pondok. Karena dari setiap individu para santri tersebut memiliki kemampuan dan pengetahuan berbeda-beda dalam hal membaca Al-Qur’an. Kendala yang lain seperti kurangnya minat santri dalam proses pembelajaran ilmu tajwid dan rasa malas yang sering dirasakan santri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:37
Last Modified: 28 Dec 2022 02:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9029

Actions (login required)

View Item View Item