PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KRAMATMULYA KABUPATEN KUNINGAN

ROSMANTIKA DEWI, (2012) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KRAMATMULYA KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
rosmantika dewi_58440920__ok.pdf

Download (921kB) | Preview

Abstract

ROSMANTIKA DEWI : “Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kramatmulya Kabupaten Kuningan” Fungsi pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga hal tersebut sangat erat kaitannya dengan pembentukan karakter peserta didik agar mampu bersaing, beretika, bermoral, serta sopan santun dalam berinteraksi dengan masyarakat. Akan tetapi, dampak dari globalisasi yang terjadi saat ini membuat masyarakat Indonesia melupakan pendidikan karakter bangsa. Pendidikan karakter di sekolah selama ini baru menyentuh pada tingkatan pengenalan norma atau nilai-nilai, belum pada tingkatan internalisasi dan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dalam hal ini penulis merasa perlu untuk mengadakan penelitian mengenai sejauhmana pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku sosial siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter dan untuk mengetahui perilaku sosial siswa serta untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku sosial siswa di SMP Negeri 1 Kramatmulya Kabupaten Kuningan. Salah satu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku sosial siswa. Karena perilaku merupakan sikap yang diekspresikan dalam bentuk tindakan yang merupakan respon atau reaksi terhadap objek baik berupa orang, peristiwa atau situasi. Oleh karena itu, untuk mendapatkan output (respon) yang baik, tentu harus memasukkan input yang baik pula. Dan pendidikan karakter merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghasilkan perilaku sosial yang baik dari peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampel random atau sampel acak, dengan sampel sebanyak 53 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X) pendidikan karakter dan variabel terikat (Y) perilaku sosial siswa. Teknik pengumpulan data untuk kedua variabel tersebut menggunakan angket, kemudian teknik analisis datanya menggunakan uji korelasi. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji korelasi diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan karakter dengan perilaku sosial siswa di SMP Negeri 1 Kramatmulya Kabupaten Kuningan dengan perolehan indeks korelasi sebesar 0,640 yang menunjukkan hubungan yang sedang. Selain itu, untuk uji hipotesis diperoleh thitung = 5,70 dengan ttabel = 2,033. Karena thitung ≥ ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Mar 2017 06:26
Last Modified: 07 Jun 2017 01:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item