IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DAN UPAYA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MASA DARURAT PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di MTs Bina Cendekia, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon)

Moch. Noor Fauzi, (2022) IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DAN UPAYA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MASA DARURAT PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di MTs Bina Cendekia, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di MTs Bina Cendekia yakni masih belum maksimalnya pelaksanaan pembelajaran ditengah pandemi. Permasalahan tersebut adalah diantaranya adalah perubahan pola pembelajaran dimasa pandemi. Implementasi blended learning dengan memanfaatkan Media Pembelajaran digital khususnya untuk mata pelajaran fiqih perlu diperhatikan oleh MTs Bina Cendekia agar mendapatkan hasil belajar yang maksimal dimasa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Implementasi proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran Fiqih pada masa darurat pandemi Covid-19 di MTs Bina Cendekia (2) Proses penggunaan media pembelajaran digital pada mata pelajaran Fiqihdi MTs Bina Cendekia (3) upaya pengembangan media pembelajaran digital untuk mendukung pembelajaran Fiqih di masa darurat pandemi Covid�19 di MTs Bina Cendekia. Blended learning juga merupakan sebuah konsep pembelajaran tatap muka yang mengintegrasikan teknologi seperti Media Pembelajaran digital dan online learning dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran blended learning yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kesinambungan aktivitas antara pertemuan tatap muka dengan online learning. Idealnya aktivitas tatap muka menjadi tindak lanjut dari aktivitas atau materi yang diberikan ketika online learning maupun sebaliknya, sehingga terbentuk sebuah kesinambungan dengan fase belajar tatap muka dengan fase belajar ketika online learning. (Rahmi, 2021b) Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Analisis data untuk pendekatan penelitian berbasis studi kasus bersifat natural (alami). Dimana pendekatan ini bertujuan mempelajari lebih dalam terkait permasalahan yang terjadi, lengkap dengan interaksi lingkungan yang berkaitan dengan fokus penelitian Hasil penelitian ini adalah (a) Implementasi blended learning di MTs Bina Cendekia untuk pembelajaran selama pandemi Covid-19 masih belum maksimal. Masih ditemukan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pola pembelajaran blended learning ini. Diantara kekurangan tersebut antara lain sebagai berikut : Belum terbiasanya guru dan siswa untuk pola pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19, kurangnya pemahaman guru dan siswa dalam memanfaatkan fitur-fitur dari perangkat teknologi untuk pembelajaran jarak jauh, diskusi kurang interaktif, karena terbatas pada penggunaan Whatsapp group saja dalam pembelajaran daring, kurang ketatnya peraturan untuk pembelajaran dimasa pandemi Covid�19, kurangnya perangkat pembelajaran digital, seperti e-modul, khususnya untuk mata pelajaran Fiqih. (b) Penggunaan media pembelajaran digital untuk mata pelajaran Fiqih dalam blended learning di MTs Bina Cendekia dominan menggunakan Whatsapp saja untuk pembelajaran daring, serta Modul Fiqih untuk pembelajaran luring (c) Upaya MTs Bina Cendekia dalam pengembangan media pembelajaran digital untuk mata pelajaran Fiqih selama pandemi Covid-19 yaitu realisasi pembuatan akun Youtube untuk upload video pembelajaran, Rekomendasi media pembelajaran digital berbasis website untuk mata pelajaran Fiqih antara lain : Worldwall.net, Wizer.me, Liveworksheet.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Blended learning, Media, Digital, Fiqih, Covid-19
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:14
Last Modified: 28 Dec 2022 04:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9044

Actions (login required)

View Item View Item