Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Anak Garuda dan Relevansinya Dengan Q.S. Yunus Ayat 40-41

Ayu Nurdrajanti, (2021) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Anak Garuda dan Relevansinya Dengan Q.S. Yunus Ayat 40-41. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Dalam menumbuh kembangkan karakter anak bangsa, dengan cara menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam diri peserta didik. Nilai-nilai pendidikan karakter dapat diperoleh dan dikembangkan oleh pendidik melalui media film serta pesan-pesan yang terkandung dalam sebuah film. Hal ini diharapkan dapat membangun karakter peserta didik dalam membentuk dan memperbaiki perangai yang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter apasaja yang terdapat dalam film anak garuda serta relevansinya dengan Q.S. Yunus ayat 40-41. Sehingga perlu dilakukan analisis guna memastikan bahwa film anak garuda ini memiliki relevansi dalam Q.S. Yunus ayat 40-41 dalam nilai-nilai pendidikan karakter dengan tujuan dapat menjadi sarana pembelajaran dan guna membangun karakter anak bangsa. Dalam kerangka pemikiran yang dilakukan dalam penelitian ini melalui beberapa tafsir dalam penelitian ini, dalam film anak garuda juga dari relevansi dalam Q.S. Yunus ayat 40-41 terdapat nilai pendidikan karakter berupa rukun, dan nilai pendidikan karakter toleransi. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif, dan termasuk dalam jenis penelitian dokumen. Dalam teknik pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Kemudian kegiatan analisis dilakukan dengan meneliti isi dari film, yang dilakukan dengan pengamatan terhadap film Anak Garuda. Kemudian menganalisis data melalui adegan-adegan, isi dialog, seting dan karakter yang tepat dalam film tersebut berdasarkan nilai-nilai pedidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, dalam film anak garuda terdapat nilai karakter religius, gotong royong, kerja keras, rukun, toleransi, berjiwa kepemimpinan, kepedulian, tanggung jawab, kreatif. Kedua, terdapat relevansi antara nilai pendidikan karakter dalam film anak garuda dengan Q.S. Yunus ayat 40-41 berupa nilai religius, toleransi, tanggung jawab, dan rukun.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Karakter, Film, Q.S. Yunus 40-41
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:41
Last Modified: 28 Dec 2022 04:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9049

Actions (login required)

View Item View Item