PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB AL-AKHLAK LIL BANIN JILID 1 TERHADAP PEMBENTUKAN ADAB SANTRI KELAS 1 DIROSAH DI PONDOK PESANTREN AN-NIDHOM KOTA CIREBON

Wiwik Meliyati Safitri, (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB AL-AKHLAK LIL BANIN JILID 1 TERHADAP PEMBENTUKAN ADAB SANTRI KELAS 1 DIROSAH DI PONDOK PESANTREN AN-NIDHOM KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB V.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan awal yang dilakukan penulis di Pondok Pesantren An-Nidhom, bahwa pembelajaran kitab Al-akhlak Lil Banin jilid I itu sudah diajarkan akan tetapi ada beberapa santri yang belum mengamalkan atau menerapkan akhlak yang terpuji (mahmudah). Contohnya ada beberapa santri yang belum pernah belajar kitab Al-akhlak Lin Banin Jilid I karena memang masih awam sehingga santri belum mengetahui bagaimana seharusnya memuliakan Asatidz,dan masih ada beberapa santri yang melangar peraturan. Dengan demikian itu, akibatnya santri tersebut di Tajzir (Hukum) sesuai tingkat kesalahannya. Dengan adanya pembelajaran Al-akhlak Lil Banin di Pondok pesantren An�Nidhom Kota Cirebon ini santri diharapkan mempunyai akhlak dan adab yang bagus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran kitab Al-akhlak Lil Banin di pondok pesantren An-Nidhom dan bagaimana Pengaruh kitab Al-akhlak Lil Banin jilid 1 terhadap pembentukan adab santri Pondok Pesantren An�Nidhom. Kitab kuning biasanya ditulis atau dicetak memakai huruf Arab dalam bahasa Arab, Melayu, Sunda, dan sebagainya. Al-Zubaidi dalam buku Al-Rasyidin mengatakan bahwa kata adab dalam bahasa Arab bermakna husn al-akhlak jiwa fi'il almakarim, yang berarti budi pekerti yang baik dan perilaku terpuji, atau riyadlah al-nafs mahasin al-akhlak, yaitu melatih/mendidik jiwa dan memperbaiki akhlak. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat kuantitatif, metode kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya menggunakan teknik sampiling jenuh. (Sugiyono 2019, 16). Berdasarkan hasil uji hipotesis pada tabel 4.29 menunjukan bahwa nilai signifikansi 0,000 dan thitung sebesar 14,886. Karena nilai signifikan lebih dari 0,05 dan thitung (14,886) lebih besar daripada ttabel (1,697) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh pembelajaran kitab Al-Ahklak Lil Banin jilid I terhadap pembentukan adab santri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kitab Al-Akhlak Lin Banin Jilid I, Adab Santri
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:13
Last Modified: 29 Dec 2022 02:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9061

Actions (login required)

View Item View Item