PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AN-NUR KOTA CIREBON

Niken Nurasypiyah Jahro, (2022) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AN-NUR KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan awal yang dilakukan penulis di Madrasah Tsanawiyah (MTs) An-Nur Kota Cirebon, guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits cenderung menggunakan metode yang sering guru lakukan contony dengan metode ceramah, sehingga dalam kegiatan berlangsung menoton, membosankan, terlebih siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa tidak maksimal atau tidak adanya peningkatan. Peneliti ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar sebelum penerapan media audio visual dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, (2) Mengetahui hasil belajar setelah penerapan media audio visual dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, (3) Mengetahui seberapa besar pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah (MTs) An-Nur Kota Cirebon. Media Audio Visual merupakan jenis media yang mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar. Oleh karena itu, peneliti ini berusaha mengungkap sejauh mana pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu media audio visual sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa sebagai variabel (X). oleh karena itu, penelitian ini berusaha mengungkapkan sejauh mana pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) An-Nur Kota Cirebon berjumlah 128 siswa dan sampel yang peneliti ambil berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis data yaitu: dengan uji instrument, product moment dan uji signifikasi korelasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikasi dengan 2 sisi (variabel X dengan variabel Y) 5% dengan taraf signifiksi 0,025, diperoleh “ttabel” adalah 2,048 dan “thitung” adalah 4,488, lebih besar dari “ttabel” pada taraf signifikasi 5%. Maka jika thitung ≥ ttabel Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya bahwa terhadap pengaruh yang signifikan antara pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) An-Nur Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:17
Last Modified: 29 Dec 2022 03:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9068

Actions (login required)

View Item View Item