PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Bina Cendekia Desa Mertapadawetan Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon)

Puji Aprilia, (2022) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Bina Cendekia Desa Mertapadawetan Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang berhasilnya pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Hal tersebut dikarenakan kondisi pembelajaran di sekolah yang masih berorientasi pada teacher center atau masih berpusat pada guru, sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Siswa hanya memperhatikan penjelasan dari guru dan mengandalkan buku pegangan yang tersedia. Dengan model pembelajaran tersebut peseta didik merasa bosan sehingga ada beberapa siswa yang asik sendiri ketika proses pembelajaran selain itu, kondisi ini juga mengakibatkan para siswa mengalami kejenuhan dan kurang memahami materi yang telah dijelaskan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode mind mapping mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VIII, untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VIII, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VIII. Metode mind mapping merupakan sebuah metode yang dapat membantu siswa berpikir secara sederhana dan teratur, karena melibatkan keseluruhan fungsi otak yaitu otak kanan untuk melihat gambar dan warna dan otak kiri untuk melihat tulisan. Adapun hasil belajar merupakan suatu perubahan kemampuan, keterampilan, sikap seorang individu menuju kearah yang lebih baik dalam segala aspek, baik itu dari segi aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Metode penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Group Posstest-Only Control Or Comparison Group. Sampel dalam penelitian adalah 50 siswa kelas VIII MTs Bina Cendekia. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, dokumentasi dan Tes. Uji analisis untuk penelitian ini adalah uji perbedaan dua rerata sampel bebas dengan uji hipotesi uji-t sampel bebas. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan metode mind mapping lebih tinggi di banding hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional, hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t dimana nilai sig. (2.tailed) yang diperoleh yaitu 0,002 < 0,05 menandakan bahwa Ho di tolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Bina Cendekia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:21
Last Modified: 29 Dec 2022 03:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9069

Actions (login required)

View Item View Item