EVALUASI PEMBELAJARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VII DI MTs AL-IHSAN BABAKAN MANJETI KECAMATAN SUKAHAJI KABUPATEN MAJALENGKA

SITI NURAZIZAH, (2012) EVALUASI PEMBELAJARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VII DI MTs AL-IHSAN BABAKAN MANJETI KECAMATAN SUKAHAJI KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI NURAZIZAH_58440878__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SITI NURAZIZAH : “EVALUASI PEMBELAJARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VII DI MTs AL-IHSAN BABAKAN MANJETI KECAMATAN SUKAHAJI KABUPATEN MAJALENGKA”. Berdasarkan studi awal di MTs Al-Ihsan Babakan Manjeti Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka, bahwa dalam proses pembelajaran guru di sekolah tersebut sudah melakukan evaluasi pembelajaran guna untuk membangkitkan minat belajar siswa. Namun kenyataannya, dari apa yang dilakukan guru masih terdapat siswa yang minat belajarnya kurang baik. Minat belajar siswa di sinyalir rendah terutama terlihat pada kurangnya perhatian siswa terhadap pelajaran IPS. Atas dasar kenyataan tersebut diatas, maka penulis tertarik untuk mengkaji tentang: Evaluasi Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di MTs Al-Ihsan Babakan Manjeti Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di MTs Al-Ihsan Babakan Manjeti Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka, untuk mengkaji Minat Belajar Siswa dengan Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di MTs Al-Ihsan Babakan Manjeti Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka, untuk mengkaji Pengaruh Evaluasi Pembelajaran yang diberikan guru terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di MTs Al-Ihsan Babakan Manjeti Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka. Evaluasi pembelajaran merupakan tahap yang perlu dilakukan oleh guru untuk menentukan kualitas pembelajaran , kegiatan ini sering disebut juga refleksi proses pembelajaran. Proses pembelajaran saat ini memerlukan adanya minat dalam diri siswa sehingga proses pembelajaranpun akan efektif dan mendapatkan hasil yang baik serta tujuannya dapat tercapai. Pengumpulan data dalam penelitian kuantitatf ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Ihsan Babakan Manjeti Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka yang berjumlah 107 orang dan sampel yang di ambil adalah 37 orang. Adapun dalam menganalisis data tersebut, penulis menggunakan Korelasi Product Moment.. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di MTs Al-Ihsan Babakan Manjeti Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka di nilai Kurang Baik dengan Hasil prosentasi 45,69 % dan Minat Belajar Siswa di nilai Kurang Baik dengan hasil Prosentase 52,44 %. Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa terdapat Korelasi positif yaitu sebesar 0,35. Jika melihat hasil uji-t, di peroleh nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 2,22 > 1,697

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Mar 2017 06:49
Last Modified: 07 Jun 2017 02:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item