UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA BIDANG STUDI IPS KELAS VII DI MTs KHAS KEMPEK KABUPATEN CIREBON

SITI NURLAELA, (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA BIDANG STUDI IPS KELAS VII DI MTs KHAS KEMPEK KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI NURLAELA_58440832__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SITI NURLAELA : “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Bidang Studi IPS Kelas VII di MTs Khas Kempek Kabupaten Cirebon”. Motivasi belajar merupakan faktor psikis yang bersifat nonintelektual. Pentingnya motivasi belajar bagi siswa adalah untuk menyadarkan kedudukan pada awal belajar, proses dan hasil akhirnya. Berdasarkan permasalahan yang ada bahwa dalam proses pembelajaran IPS Ekonomi pada siswa kelas VII di MTs Khas Kempek Kabupaten Cirebon, peserta didik tidak bersemangat dalam pelajaran ekonomi, hal itu terlihat pada saat pembelajaran banyak siswa yang terlihat ngobrol, ngantuk, malas dan lain sebagainya. Hal- hal yang disebutkan di atas disebabkan pengemasan pembelajaran ekonomi yang masih konvensional, kurang menarik, kurang menantang serta hambar maka menjadikan pelajaran terkesan monoton, membosankan dan kurang menarik minat belajar peserta didik. Jadi strategi yang efektif dalam pembelajaran IPS Ekonomi sangat diperlukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar siswapun lebih optimal. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Examples non Examples Pada Bidang Studi IPS Kelas VII DI MTs Khas Kempek Kabupaten Cirebon”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan Model Examples Non Examples pada bidang studi IPS-Ekonomi di MTs Khas Kempek kabupaten Cirebon. Model Examples Non Examples adalah model pembelajaran yang menggunakan contoh-contoh. Contoh-contoh dapat dari kasus atau gambar yang relevan. Penggunaan media gambar ini disusun dan dirancang agar anak dapat menganalisis gambar tersebut menjadi sebuah bentuk diskripsi singkat mengenai apa yang ada didalam gambar dan bekerja berpasangan untuk menggeneralisasikan konsep examples dan non-examples mereka dengan berdiskusi. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan empirik, atau study lapangan melalui penelitian tindakan kelas di MTs Khas Kempek Kabupaten Cirebon. Sedangkan metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitiatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, tes dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G berjumlah 45 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dari pokok bahasan ini mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata 68,9. Pada Siklus II nilai rata-rata 73,3. Pada Siklus III nilai rata-rata 77,7 dikatagorikan Baik (66% -79%). Sedangkan Ketuntasan belajar siswa dari siklus I mencapai 62,2%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 73,3%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa mencapai 88,9% dikatagorikan Baik Sekali (80-100%). Kenaikan nilai rata-rata dari siklus IIII sebesar 8,8, sedangkan Ketuntasan belajar siswa dari siklus I-III sebesar 26,7%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Mar 2017 06:53
Last Modified: 07 Jun 2017 02:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/908

Actions (login required)

View Item View Item