PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 2 PANGENAN CIREBON

Tri Nur Haeti, (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 2 PANGENAN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam berperan penting dalam mendidik peserta didik untuk membentuk karakter disiplin yang lebih baik dalam hidupnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang diamati oleh peneliti, masih ada beberapa peserta didik yang kurang memiliki karakter disiplin. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, pembentukan karakter disiplin peserta didik di SMPN 2 Pangenan Cirebon masih belum memenuhi harapan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakteristik peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Pangenan Cirebon, untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter disiplin peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Pangenan Cirebon, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter disiplin peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Pangenan Cirebon. Peran guru PAI merupakan guru yang memiliki tugas dan tanggung jawab mendidik peserta didik menjadi pribadi yang lebih baik. Peranan seorang guru artinya tingkah laku yang dilakukan oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru secara menyeluruh. Karakter dibentuk dan ditentukan oleh tingkah laku sehari-hari secara konsisten. Disiplin dalam pendidikan sangat penting karena bisa menciptakan kondisi belajar mengajar yang kondusif, juga bisa menjadikan peserta didik menjadi pribadi yang kuat. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan menggambarkan kondisi dan situasi di lingkungan sekolah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik peserta didik di SMPN 2 Pangenan Cirebon yaitu karakter disiplin peserta didik di SMPN 2 Pangenan cukup baik, cukup baik disini artinya dengan kegiatan keagamaan, karakter disiplin peserta didik meningkat. Melalui kegiatan keagamaan yang dilaksanakan, ada perubahan dalam diri peserta didik, seperti tidak keluar masuk pada saat jam pelajaran berlangsung, tetapi hal ini masih didominasi oleh peserta didik perempuan, sedangkan peserta didik laki-laki masih belum memenuhi harapan. Peran guru PAI di SMPN 2 Pangenan yaitu sebagai pendidik, tenaga profesional, pembimbing, teladan. Faktor pendukung dalam membentuk karakter disiplin: mendukung rencana kegiatan sekolah, kerjasama yang baik antar guru, media komunikasi. Faktor penghambat: faktor keluarga, kerjasama yang kurang baik antara guru dengan orang tua, lingkungan sosial.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Disiplin
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 29 Dec 2022 06:19
Last Modified: 29 Dec 2022 06:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9081

Actions (login required)

View Item View Item