PENGARUH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 LOSARANG KABUPATEN INDRAMAYU

SUMAROH, (2012) PENGARUH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 LOSARANG KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
Sumaroh_07440620__OK.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

SUMAROH : Pengaruh Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Losarang Kabupaten Indramayu. Keberhasilan pendidikan seseorang di pengaruhi faktor intern dan ekstern, faktor individu peserta didik (intern), faktor lingkungan dan faktor bahan atau materi yang di ajarkan (ekstern). Seorang siswa pasti mempunyai berbagai masalah, dalam masalah pendidikan seperti melakukan penyimpangan-penyimpangan perilaku atau melanggar- melanggar aturan sekolah yang bisa berakibat mempengaruhi prestasi belajar siswa tersebut. Maka peserta didik akan sulit memecahkan setiap permasalahan yang datang disinilah penting adanya layanan bimbingan dan konseling untuk membantu siswa dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam mengatasi permasalan belajarnya dan bisa meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA Negeri 1 Losarang kabupaten Indramayu, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi setelah dilaksanakan bimbingan dan konseling di kelas XI SMA Negeri 1 Losarang kabupaten Indramayu, keberhasilan dan kemampuan peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA Negeri 1 Losarang kabupaten Indramayu. Pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam proses pembelajaran sangat mempengaruhi prestasi siswa. Karena seorang siswa umtuk menangulangi masalahnya butuh pembimbing dan konseling dalam menanggulagi masalahnya. Dengan adanya tersebut maka siswa akan mendorong untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang lebih baik dan berusaha mendapatkan perestasi yang baik. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi, yang selanjutnya di analisis dengan sekala prosentase dan hasil pengujian hipotesis (lelinieran regresi, koefisien korelasi, dan uji hipotesis). Pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan guru bimbingan dan konseling (BK) dengan guru IPS ekonomi dalam mengatasi kesulitan – kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pelaksanannya kurang baik, hal itu di lihat dari hasil analisis data angket yang di peroleh skor prosentasi sebesar 64,1%, prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi tergolong cukup. Hal ini terlihat dari nilai yang di peroleh rata – rata memiliki nilai 70, pelaksanaan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 45,9%, sedangkan sisanya 54,1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Mar 2017 07:03
Last Modified: 07 Jun 2017 02:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/910

Actions (login required)

View Item View Item