HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI IPS EKONOMI DI SMP PGRI GREGED KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON

SUSI SUSANTI, (2012) HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI IPS EKONOMI DI SMP PGRI GREGED KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SUSI SUSANTI_58440922__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SUSI SUSANTI : “Komunikasi efektif antara guru dengan siswa dalam pembelajaran IPS bidang studi ekonomi terhadap prestasi belajar di SMP PGRI Greged Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon”. Komunikasi efektif antara guru dengan siswa merupakan penentu keberhasilan dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, sebagai seorang guru seyogyanya harus menjadi seorang komunikator yang seefektif mungkin untuk para siswanya dalam hal penyampaian pelajaran. Seorang guru diharuskan dapat berkomunikasi secara efektif terhadap siswanya dengan berbagai pendekatan. Hal ini dimaksudkan agar proses belajar mengajar dapat berhasil secara optimal. Berkaitan dengan hal tersebut peneliti merasa tertarik untuk mengkaji secara mendalam guna mengetahui seberapa besar hubungan komunikasi efektif antara guru dengan siswa terhadap prestasi belajar dalam pembelajaran IPS bidang studi ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi efektif antara guru dengan siswa, prestasi belajar dalam pembelajaran IPS bidang studi ekonomi kelasVIII, serta hubungan komunikasi efektif antara guru dengan siswa terhadap Prestasi belajar siswa pada dalam pembelajaran IPS bidang studi ekonomi kelasVIII. Komunikasi efektif yang dilakukan antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran mempunyai kaitan yang erat dalam pencapaian prestasi belajar karena keduanya saling berhubungan satu sama lain dan tidak bias dipisahkan maupun berdiri sendiri. Pandangan ini muncul mengingat peserta didik pada mulanya adalah elemen yang netral dalam dunia pendidikan. Sedangkan guru adalah elemen pendukung yang memberi warna terhadap peserta didik. Ketika komunikasi yang terjalin antara guru dengan siswa berjalan secara efektif maka akan berpengaruh sekali terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa pada hakikatnya merupakan kecakapan nyata yang dicapai siswa setelah melalui proses belajar selama waktu tertentu yang dinyatakan dengan angka atau nilai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan korelasi dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa komunikasi efektif antara guru dengan siswa dalam pembelajaran IPS bidang studi ekonomi di SMP PGRI Greged Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon tergolong dalam kategori kurang baik dengan nilai prosentase sebesar 48,9%. Berkenaan dengan prestasi belajar dalam pembelajaran IPS bidang studi ekonomi tergolong dalam kategori cukup baik dengan nilai prosentase sebesar73,0%. Dan antara keduanya terdapat korelasi yang tergolong sangat rendah karena besarnya nilai rhitung yang diperoleh 0,10%. Kemudian kontribusi yang diperoleh sebesar 1%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Mar 2017 07:07
Last Modified: 07 Jun 2017 02:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item