Penerapan Model Cooperative Learning Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Salafiyah Kota Cirebon

Risa Ananda Pratiwi Harahap, (2022) Penerapan Model Cooperative Learning Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Salafiyah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I_watermark.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V_watermark.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_watermark.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh perubahan proses pembelajaran dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring, menjadikannya kurang efektif, seperti; berfikir, berdiskusi, dan presentasi di depan kelas. Selama pandemi Covid-19 indikator-indikator prestasi belajar siswa-siswi di mata pelajaran sejarah Kebudayaan Islam menjadi rendah, sehingga perlu adanya inovasi model pembelajaran model Cooperative Learning tipe Think Pair Share di sekolah MTs Salafiyah kelas VIII A. Tujuan penelitian ini dalam meningkatkan prestasi belajar yang di raih oleh siswa�siswi melalui indikator indikator prestasi belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang menerapkan model pembelajaran tipe Think Pair Share di dalam kelas VIII A dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan Model Cooperative Learning Think Pair Share (TPS) terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII A pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Salafiyah Kota Cirebon. Model Coperative Learning merupakan sebuah sarana yang efektif bagi guru dalam membangun lingkungan yang kondusif dan produktif agar terciptanya interaksi siswa-siswi serta guru yang memberikan motivasi dan latihan sesuai kebutuhan siswa-siswi untuk meningkatkan prestasi belajar dan keterampilan sosio-emosional siswa–siswi di kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah penilitian kuantitatif. design pre eksperimental yang terdapat pre test dan post test. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, dengan memakai uji ukuran pemusatan data statistika. Kemudian untuk mempermudah analisis data guna mengetahui pengaruh variabel X terhadap Y peneliti menggunakan rumus product moment. Dari hasil analisis data dapat di peroleh kesimpulan bahwa dari Sampel penelitian adalah 26 siswa kelas VIII A di MTs Salafiyah kota cirebon. Dari variabel X (Think Pair Share) serta variabel Y (Prestasi Belajar) Nilai rata-rata yang telah di hitung prestasi belajar sebelum memakai Think Pair Share di MTs Salafiyah 55,42. Nilai modus (frekuensi terbanyak) 67,5 dan Nilai median 50,8 (rendah). Nilai rata-rata yang telah di hitung prestasi belajar sesudah memakai Think Pair Share di MTs Salafiyah 87,5 Nilai modus (frekuensi terbanyak) 87 dan Nilai median 88,5 (baik nilai di atas KKM), uji korelasi product moment diperoleh angka 0,232 yang berarti korelasi tersebut bersifat positif serta koefisien determinasi prestasi belajar di pengaruhi oleh penerapan Think pair share sebesar 5,3824 ℅ maka 94, 6176 % dan berpengaruh pada t hitung = 1,20< t tabel = 1,70 (1,20<1,70) ini berarti Ha diterima yang artinya tidak signifikan. Dengan demikian pengaruh antara Think pair share (Variabel X) terhadap prestasi belajar (Variabel Y) Kelas VIII A di MTs Salafiyah Kota Cirebon adalah tidak signifikan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 03 Jan 2023 02:42
Last Modified: 03 Jan 2023 02:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9113

Actions (login required)

View Item View Item