IMPLEMENTASI PROGRAM MURAJA’AH AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII DI SMP AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH KOTA CIREBON

Atika Nurjanah, (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM MURAJA’AH AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII DI SMP AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Sekolah pada dasarnya adalah rumah kedua untuk menuntut ilmu. Pada umumnya sekolah termasuk dalam kategori lingkungan yang memiliki kedisiplinan yang tinggi. Kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, karena sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Siswa yang tidak berprestasi bukan hanya disebabkan oleh faktor kemampuan, akan tetapi, disebabkan oleh pembiasaan kedisiplinan siswa itu sendiri. Kurangnya kesadaran siswa membuat mereka menyepelekan tentang kedisiplinan dan tanpa mereka sadari bahwa kedisiplinan sangat mempengaruhi hasil belajar dan menurunnya prestasi belajar. Tujuan dalam penelitian ini untuk memperoleh data mengenai implementasi program muraja’ah Al-Qur’an dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, tingkat kedisiplinan siswa melalui program muraja’ah Al-Qur’an terhadap siswa, dan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program muraja’ah Al-Qur’an siswa kelas VII di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyah Kota Cirebon. Pelaksanaan Program Muraja’ah Al-Qur’an adalah upaya untuk lebih menerapkan suatu kegiatan yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa agar tercermin dalam perbuatan atau tingkah laku berupa kepatuhan atau ketaatan terhadap peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh sekolah. Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh dari manusia, tempat, dan kertas yang diperoleh dari lapangan, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi teknik, trianggulasi sumber, dan trianggulasi waktu. Hasil dari implementasi program muraja’ah dalam meningkatkan kedisisiplinan siswa kelas VII SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah telah tercapai dengan baik sesuai dengan harapan sekolah bahwa siswa mampu mempertahankan dan menjaga hafalan mereka dengan baik. Faktor pendukung dalam program muraja’ah diantaranya: a) motivasi peserta didik dalam mengikuti program muraja’ah, b) kewajiban peserta didik sebagai penghafal Al-Qur’an, c) peran guru dan orang tua. Adapun faktor penghambat dalam program muraja’ah diantaranya: a) peserta didik tidak fokus, b) malas, c) belum hafal, d) kondisi lingkungan yang kurang efektif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Muraja’ah, Kedisiplinan Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 03 Jan 2023 02:48
Last Modified: 03 Jan 2023 02:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9115

Actions (login required)

View Item View Item