PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) CIHIRUP KECAMATAN CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN

Yeti Sri Mulyati, (2022) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) CIHIRUP KECAMATAN CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Pendidik yang menguasai kompetensi profesional maka harus memiliki keterampilan dalam mengajar, menciptakan pembelajaran yang kreatif, dan menyenangkan dari mulai membuka hingga menutup pelajaran. Sehingga peserta didik mampu mencerna dan memahami materi yang dijelaskan dan dapat meningkatkan prestasi mereka. Sedangkan kualitas pendidikan sangat berkaitan dengan keberhasilan dalam membentuk peserta didik yang berkualitas, hal ini lah yang menjadi titik pusat dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu dengan kompetensi profesional guru dapat menjadikan prestasi peserta didik tercapai dengan baik dan tercapainya tujuan pembelajaran. Sedangkan di SMP IT Cihirup masih terdapat guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan yang diambil di jenjang perkuliahan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil dari penelitiannya digambarkan dalam bentuk bilangan maupun angka-angka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru, prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, dan pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP IT Cihirup Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Guru sangat berperan aktif dalam proses kehidupan peserta didik dalam lingkup sekolah. Oleh karena itu, seorang guru harus berkompeten dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Seorang guru pun berpengaruh dalam sebuah hasil belajar atau prestasi belajar karena prestasi belajar siswa dihasilkan dari proses belajar mengajar di dalam kelas. Metode Penelitian ini adalah metode survei. Dari pupulasi sebanyak 127 siswa, Peneliti mengambil 32 siswa untuk dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase mengenai kompetensi profesional guru sebesar 47,15% masuk dalam kategori cukup baik. Prestasi belajar siswa sebesar 56,25% sudah mencapai kategori cukup. Dan pengaruh kompotensi profesional guru pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa SMP IT Cihirup Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan dapat dikemukakan bahwa terdapat korelasi positif antara kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar PAI siswa SMP IT Cihirup dengan jumlah 31,7%. Dan berdasarkan perhitungan uji t besar nilai ttabel dengan df = 30 dan sig 95% adalah 1, dengan ini berarti thitung = 3,23 > ttabel = 1, maka uji hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dengan H1 diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Guru, Kompetensi Profesional, Prestasi Siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 03 Jan 2023 02:52
Last Modified: 03 Jan 2023 02:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9117

Actions (login required)

View Item View Item