EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH AN-NUR KOTA CIREBON

Puspita Dewi Azhari, (2022) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH AN-NUR KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Motivasi merupakan faktor utama dalam belajar siswa. Motivasi belajar bisa mendukung keberhasilan belajar siswa akan tetapi, motivasi yang rendah ialah suatu hambatan yang bisa berdampak pada hasil belajar siswa. Menurut hasil penelitian yang dilakukan melalui observasi secara langsung, ditemukan bahwa banyak siswa yang memiliki motivasi rendah, tampak acuh tak acuh ketika pembelajaran berlangsung dan mudah putus asa, perhatiannya pun tidak tertuju pada pelajaran yang akibatnya siswa akan mengalami kesulitan belajar. Hal ini dialami oleh siswa kelas X di Madrasah Aliyah An-Nur Kota Cirebon terutama pada mata pelajaran SKI. Kurikulum 2013 dalam penerapannya menawarkan sebuah pendekatan yang disebut dengan pendekatan saintifik yakni melalui 5 M : Mengamati, Menanya, Menalar, Mencoba dan Mengomunikasikan. Dengan demikian melalui pendekatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, untuk mengetahui motivasi belajar siswa, dan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah Kota Cirebon. Adapun Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada siswa dalam mengenal, memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah. Sedangkan motivasi adalah sebagai penggerak seseorang untuk melakukan suatu hal untuk tujuan yang dikehendaki oleh para siswa, dibuktikan dengan antusiasnya siswa dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Metode penelitian yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas X MA An-Niur Kota Cirebon yang berjumlah 25 responden.Teknik pokok pengumpulan data dengan menggunakan angket dan teknik penunjangnya adalah dengan menggunakan observasi ke objek penelitian, kemudian wawancara dengan narasumber terkait. Setelah itu data hasil penelitia dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berada dalam kategori baik, hal ini berdasarkan perolehan prosentase sebesar 83,,44%. Dan motivasi belajar siswa berada dalam kategori baik juga, karena perolehan prosentase sebesar 84,48%. Hasil korelasi antara efektivitas pendekatan saintifik dengan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran SKI di MA An-Nur Kota Cirebon yaitu sebesar 0,93. Sehinga terdapat korelasi yang tinggi antara pendekatan saintifik dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik , Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:03
Last Modified: 03 Jan 2023 03:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9121

Actions (login required)

View Item View Item