PENGGUNAAN STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN IPS DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 17 KOTA CIREBON

UUS USERI, (2012) PENGGUNAAN STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN IPS DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 17 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
UUS USERI_58440260__OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

UUS USERI NIM :58440260 ABSTRAK : “Penggunaan Strategi Paikem Dalam Pembelajaran Ips Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMPN 17 Kota Cirebon” Metode mempunyai andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki anak didik, akan ditentukan oleh kerelevansian penggunaan suatu metode yang sesuai dengan tujuan. Metode pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi Paikem dalam pembelajaran IPS, dapat mengetahui motivasi belajar siswa melalui strategi Paikem pada bidang studi IPS, serta dapat mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan strategi Paikem dalam pembelajaran IPS dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 17 Kota Cirebon Tolak ukur keberhasilan belajar, salah satunya adalah penggunaan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam memberikan suatu cara/pendekatan yang tepat dalam mengajar suatu materi sehingga siswa dapat memahami apa yang disampaikan oleh guru, namun hal ini tidak mudah karena ada saja hambatan yang ditemui oleh guru seperti kurang siap, kurang adanya pengalaman, sedikitnya pengetahuan tentang metode pembelajaran. Metodelogi penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data kualitatif yang diperoleh melalui teknik observasi dan wawancara dianalisis dengan menggunakan logika, sedangkan dalam menganalisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus skala prosentase dan product moment. Penggunaan strategi Paikem dalam pembelajaran ips ekonomi di kelas VII di SMPN 17 Kota Cirebon, menunjukan kategori sedang dengan prosentase 65,12%. Dan memiliki rata-rata skor angket 16,24 dengan simpangan baku 3,78. Sedangkan Motivasi belajar siswa menunjukan kategori sedang dengan prosentase 67,44%. Dan memiliki rata-rata skor angket 12,52 dengan simpangan baku 2,11. Dari hasil penelitian ini Berdasarkan uji koefisien korelasi di dapat 0,51, dengan persamaan regresi linier Y = 7,94 + 0,03 X, dan juga jika diklasifikasikan maka 0,40 ≤ rxy ≤ 0,70, maka korelasi termasuk dalam kategori cukup. Oleh karena nilai KD sebesar 26,01%, maka dapat diartikan bahwa penggunaan strategi Paikem dalam pembelajaran ips dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa sebesar 26,01%,

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Mar 2017 07:26
Last Modified: 07 Jun 2017 03:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item