UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS GEOGRAFI MELALUI METODE CAROUSEL BRAINSTORMING (PTK di SMA Negeri 1 Babakan Kabupaten Cirebon)

VINA RISNAWATI, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS GEOGRAFI MELALUI METODE CAROUSEL BRAINSTORMING (PTK di SMA Negeri 1 Babakan Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
VINA RISNAWATI_58440883__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

VINA RISNAWATI : UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS GEOGRAFI MELALUI METODE CAROUSEL BRAINSTORMING Di SMA Negeri 1 Babakan Kabupaten Cirebon diketahui bahwa dalam pembelajaran bidang studi IPS Geografi cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta metode-metode lain seperti diskusi. Namun dengan demikian secara realita penggunaan metode tersebut diduga masih belum dapat mendorong siswa untuk aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Bahkan dilihat dari hasil belajar yang diperoleh pun cenderung masih belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Berdasarkan fakta tersebut maka perlu dilakukan peningkatan kualitas belajar mengajar yang lebih interaktif artinya ada komunikasi dua arah antara guru dan siswa. Tidak hanya guru yang melakukan transfer ilmu pengetahuan pada siswa tapi siswa juga harus aktif. Salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran carousel brainstorming. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam menerapkan metode carousel brainstorming guna meningkatkan hasil belajar dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMA Negeri 1 Babakan Kabupaten Cirebon. Metode Caraousel Barinstorming membantu siswa berfikir teoritis dan praktis lewat berbagai mata pelajaran dan kegiatan sekolah, belajar menilai kemampuan dan peranan diri sendiri maupun teman-temannya (orang lain), membantu para siswa menyadari dan mampu merumuskan berbagai masalah yang di lihat dari pengalaman sendiri maupun dari pelajaran sekolah dan mengembangkan motivasi untuk belajar lebih lanjut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subyek peneliti ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Babakan Kabupaten Cirebon, dengan jumlah 40 siswa . Proses tindakan kelas ditempuh dalam 3 siklus yaitu siklus, penelitian dikembangkan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Carousel Brainstorming pada pembelajaran yang berlangsung di SMA Negeri 1 Babakan Kabupaten Cirebon berjalan dengan baik, hal ini dapat dibuktikan adanya upaya perbaikan proses pembelajaran secara eksplisit telah mampu mendorong peningkatan belajar siswa. Secara kualitatif menunjukkan bahwa hasil dari siklus ke siklus hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Respon siswa dengan metode carousel brainstorming sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya keberhasilan siswa pada pembelajaran mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Rata-rata hasil tes dari siklus I sampai III masing-masing 50%, 70% dan 90%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Mar 2017 07:30
Last Modified: 07 Jun 2017 03:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item View Item