IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB SAFINATUN NAJAH PADA SANTRI NURUL IKHLAS DI DUSUN CIRAHAYU DESA SUBANG KECAMATAN SUBANG KABUPATEN KUNINGAN

Meli Puspita Sari, (2022) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB SAFINATUN NAJAH PADA SANTRI NURUL IKHLAS DI DUSUN CIRAHAYU DESA SUBANG KECAMATAN SUBANG KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta kegiatan mengaji di Tajug yang mencakup salah satunya pembelajaran kitab kuning, metode sorogan merupakan metode yang sudah biasa digunakan dalam pembelajaran kitab kuning. Begitu juga pembelajaran kitab Safinah di Tajug Nurul Ikhlas Dusun Cirahayu. Metode sorogan ini sudah diterapkan dari awal berdirinya tajug namun dalam fenomena yang penulis lihat masih banyak santri Nurul Ikhlas yang belum dapat membaca kitab dan menerjemahkan kitab dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk Mengetahui Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Safinatun Najah di Tajug Nurul Ikhlas Dusun Cirahayu Desa Subang Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan (2) Untuk Mengetahui Proses Pembelajaran Kitab Safinatun Najah di Tajug Nurul Ikhlas (3) Untuk Mengetahui Kelemahan dan Kelebihan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Safinatun Najah Santri Nurul Ikhlas di Dusun Cirahayu Desa Subang Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan. Kata sorogan berasal dari bahasa Jawa yang berarti menyodorkan (sorog, jawa). Maksudnya sistem belajar yang di lakukan secara individual dengan cara santri berhadapan langsung dengan kiai untuk melakukan pembelajaran dan kemudian terjadi interaksi antara keduanya. Di sini seorang kiai mengajarkan satu per satu santri untuk di bimbing secara bergantian Pada penelitian ini, penulis menggunakan Jenis Penelitian lapangan yang bersifar deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah a data primer. b Data sekunder dan literatur melalui internet dan buku-buku yang dianggap relevan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data dan analisis data dilakukan dengan cara, reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Implementasi Metode Sorogan di Tajug Nurul Ikhlas di Dusun Cirahayu dilaksanakan setelah Sholat magrib dengan cara ustadzah membacakan kitab terlebih dahulu kemudian santri maju satu persatu untuk menyetorkan bacaan kitabnya. (2). Proses Pembelajaran Kitab Safinatun Najah Santri Nurul Ikhlas Dusun Cirahayu yakni: a Menyiapkan media pembelajaran. b Pemberian materi kepada santri. c Santri menyetorkan bacaan kitabnya kepada ustadzah. d Mengevalusi hasil pembelajaran. (3). Kelemahan dan Kelebihan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Safinatun Najah Santri Nurul Ikhlas di Dusun Cirahayu Desa Subang Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan meliputi: a Antara guru dan santri memiliki hubungan lebih dekat. b Apabila ada kesalahan santri bisa langsung dibenarkan. a Harus mengantri panjang untuk mendapat giliran sorogan. b Membutuhkan waktu lama.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode sorogan, Safinatun Najah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:35
Last Modified: 06 Jan 2023 01:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9156

Actions (login required)

View Item View Item