ETIKA GURU DAN MURID DALAM KITAB BIDAYATUL HIDAYAH KARYA IMAM AL-GHAZALI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PROSES PEMBELAJARAN

Agin Sugandi, (2022) ETIKA GURU DAN MURID DALAM KITAB BIDAYATUL HIDAYAH KARYA IMAM AL-GHAZALI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PROSES PEMBELAJARAN. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

Latar belakang yang dikaji dalam penelitian ini yaitu adanya fenomena kemerosotan etika dalam dunia pendidikan terutama etika guru dan murid dalam proses pembelajaran, dengan adanya fakta yang terjadi menambah kuat bahwa etika dalam dunia pendidikan mengalami masalah yang serius jika tidak segera berbenah. Salah satu referensi yang bisa digunakan untuk membenahinya adalah kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui etika guru dan murid dalam kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali dan untuk mengetahui apakah isi kitab Bidayatul Hidayah terutama tentang etika guru dan murid masih relavan dengan proses pembelajaran saat ini. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu library research atau studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, sementara untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi atau Content Analysis. Hasil penelitian ini mengenai analisis etika guru dan murid dalam kitab Bidayatul Hidayah. Diantaranya, etika guru yaitu sabar, tabah, berwibawa, tidak sombong, rendah hati, santun, lemah lembut, berhati-hati, memiliki rasa kasih sayang, menerima pendapat orang lain, mencegah murid untuk belajar ilmu yang tidak perlu, dan bertakwa. Sementara etika murid yaitu menghormati guru dan mengucapkan salam terlebih dahulu, tidak berbicara sebelum ditanya begitupun sebaliknya, tidak menyangkal ucapan guru, tidak bergurau, tidak menyela saat guru berbicara, dan tidak berburuk sangka terhadap guru. Etika guru dan murid dalam kitab Bidayatul Hidayah masih sangat relevan untuk diterapkan pada saat ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Etika, Guru, Murid, Bidayatul Hidayah, Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:19
Last Modified: 10 Jan 2023 03:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9173

Actions (login required)

View Item View Item