HUBUNGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs YAPISMA SUSUKAN KABUPATEN CIREBON

YANI, (2012) HUBUNGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs YAPISMA SUSUKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
YANI_58440108__OK.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

YANI “HUBUNGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs YAPISMA SUSUKAN KABUPATEN CIREBON”. Proses pembelajaran yang biasa dilaksanakan menggunakan model ceramah yaitu penyampaian materi secara utuh kepada siswa dan diselingi dengan latihanlatihan soal, pembelajaran seperti ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan pembelajaran kurang berarti bagi siswa. Siswa kurang memperoleh pengalaman langsung, dan guru kurang memberikan kesempatan serta kepercayaan terhadap diri siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Hal ini juga berdampak pada rendahnya aspek afektif siswa. Berdasarkan permasalahan ini peneliti melakukan upaya perbaikan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui data tentang penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran IPS-Ekonomi di kelas VIII di MTs Yapisma Susukan Kabupaten Cirebon, untuk mengatahui data tentang hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran IPS-Ekonomi di kelas VIII di MTs Yapisma Susukan Kabupaten Cirebon dan untuk mengatahui data tentang hubungan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan hasil belajar pada mata pelajaran IPS-Ekonomi di kelas VIII di MTs Yapisma Susukan Kabupaten Cirebon. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk lebih mengaktifkan siswa salah satunya adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) atau Dua Tinggal Dua Tamu. Model ini merupakan model pembelajaran kooperatif yang memungkinkan siswa untuk saling bekerjasama dalam membelajarkan satusama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bertanya dan menjawab siswa kelas VIII di MTs Yapisma Susukan Kabupaten Cirebon. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Yapisma Susukan Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2012 yang berjumlah 60 siswa. Sedangkan sampel penelitian kelas VIIIA dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik tes, angket, dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik meliputi uji deskripsi, uji validitas, uji realibilitas, uji persentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji t (hipotesis) dan uji korelasi. Hasil penelitian bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) siswa menyatakan Ya sebesar 85.00% dengan kategori baik, hasil belajar siswa sebesar 52.97 dengan kategori Sedang, dan hubungan variabel X dan Y sebesar 0,801 dengan katagori tinggi pada rentang 0.70-0.90. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan antara penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS-Ekonomi di kelas VIII MTs Yapisma Susukan Kabupaten Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Mar 2017 08:10
Last Modified: 07 Jun 2017 03:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item View Item