HUBTINGAIT KOMPETENSI GURU ILMU PENGETAHUAII SOSIAL DALAM PE,LAKSA}IAAI{ EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAI\I PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsN LETIWIMUI\IDING KABUPATEN MAJALENGKA

Yayat Sukriat, (2012) HUBTINGAIT KOMPETENSI GURU ILMU PENGETAHUAII SOSIAL DALAM PE,LAKSA}IAAI{ EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAI\I PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsN LETIWIMUI\IDING KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
YAYAT SUKRIAT_50540615__OK.pdf

Download (67MB) | Preview

Abstract

Yayat Sukriat NIM. 50540615 Hubungan Kornpetensi Guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pelalcsanaan haluasi Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswo di MTsN Leuwimunding Kabupaten Maj alengka Pendidikan merupakan aspek penting bagi perkembangan sumber daya manusia, sebab pendidikan merupakan wahana untuk membebaskan manusia dari keterbelakangan. Salah satu komponen penting dalam pendidikan adalah kurikulum, karena kurikulum merupakan acuan setiap satuan pendidikan. Oleh karena itu, guru sebagai ujung tombak dalam pendidikan harus mempunyai kompetensi dalam mengimplementasikan kurikulum. Selain itu, untuk menciptaka murid yang berprestasi seorang guru harus berkompeten dalam rnelaksanakan evaluasi pembelajaran, sebab evaluasi merupakan salah satu instrumen penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi anak. Tetapi, benarkah kompetensi yang dirniliki guru dalam mengimplernentasikan kurikuium dan pelaksanaan evaluasi dapat menjadikan siswa berprestasi? Penelitian ini bertujuan tmtuk: 1) Mengkaji tentang kompetensi guru Itnu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di MTsN Leuwimunding Kabupaten Majalengka 2). Mengkaji tentang prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran llmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTsN Leuwimunding Kabupaten Majalengka; dan Menjelaskan derajat hubungan kompetensi guru dalam pelaksanaan evalnasi pembelajaran dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Itmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTsN Leuwimunding Kabupaten Majalengka Kehadiran guru yang memiliki kompetensi tentu akan berakibat positif terhadap perkembangan siswa- Karena itu keberadaan guru yang memiliki kompetensi akan mampu memberikan pengaruh positif terhadap kelancaran dan keberhasilan proses belajar mengajar serta mampu rnemaksimalkan prestasi belajar siswa- Kompetlnsi gr*- rn"*p-ukuo kemampuan, keahlian dan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanern pembelajaran sampai kepada pengevaltasian. Dalam hal pengevaluasian, seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami teknik dan prosedur evaluasi, serta mampu melaksanakan evaluasi sehingga didapat hasil evaltasi yang digunakan untuk memperbaiki proses belajar menagajar. Pelaksanaan evaluasi tersebut dimulai dari perencanaan evaluasi, pembuatan soal tes, mengolatr dan menganalisis hasil l6s lringga menginterpreiasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi. Metode penelitian ini yaitu survey langsung ke sekolah, sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi, penyebaran anglet" dan melahrkan studi dckumentasi. Populasi dalam penelitian sebanyak 330 orang dan sampelnya 33 orimg. Analisis datanya menggunakan t€knik analisis korelasi product moment, sedangkan untuk menghitung seberapa besar pengaruhnya antara variabel X dengan variabel Y menggunakan rumui koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: l). Kompetensi guru IPS dalam pelaksanaan evaluasi di MTs Negeri Leuwimunding tergolong dalam kategori cukup (62,46%). Hal ini menunjukan batrwa kompetusi guru IPS dalam pelaksanaan evaltasi pembelajaran cukup berhasil; 2). Prestasi belajar siswa MTs Negeri Leuwimunding tergolcng aAam Utegori sedang (59,02%) dengan klasifikasinya antara 70-79. Dengan demikiatu nilai rata-rara prestasi belajar siswa dalam bidang studi IPS di MTsN truwimunding Kabupaten Majalengka adalah cukup baik; dan 3). Ada korelasi yang cukup signifikan antara kompetensi guru IPS dalam pelaksanaan evaluasi dengan prestasi belajar IPS siswa di MTs Negeri Leuwimunding. Taraf koefisiensi menuqjukkan angka O,6Oyo berada dalam kategori cukup. Ini berarti prestasi siswa yang cenderung positil ada kemungkinan berhubungan dengan kompetensi guru IPS dalam pelaksanaan evaluasi yang dilaksanakan guru.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Mar 2017 08:18
Last Modified: 07 Jun 2017 03:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item