STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS AKHLAK SISWA PADA ERA PANDEMI DI SMK NEGERI 2 KOTA CIREBON

Nurhasanah, (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS AKHLAK SISWA PADA ERA PANDEMI DI SMK NEGERI 2 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa pada era pandemi, adapun fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa pada era pandemi (2) Bagaimana langkah-langkah guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa pada era pandemic (3) Faktor pendukung dan penghambat strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa pada era pandemi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, data dan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil wawancara serta teori kajian yang relevan dengan penelitian. Sumber data yang primer diperoleh melalui wawancara dengan guru dan siswa, dan sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan observasi lapangan yang berkaitan sekolah SMK Negeri 2 Kota Ciebon. Peneliti bertindak sebagai partisipan, adapun prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi guru Pendidikan Agama Islam dalm menigkatkan kualitas akhlak siswa adalah dengan menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, motivasi, mau‟idzah atau nasihat pahala dan sanksi (2) langkah langkah yang dilaksanakan dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa pada era pandemi di SMK Negeri 2 Kota Cirebon melalui pembiasaan sikap seperti: beriman dan bertakwa kepada Allah swt, sabar, menghormati orang tua, saling memaafkan, saling bekerjasama dan tolong menolong, saling mengasihi dan saling menasehati. (3) Adapun faktor pendukung Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Siswa pada era pandemic adalah guru, motivasi dan dukungan dari keluarga, komitmen bersama. Sedangkan faktor penghambat strategi guru dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa pada era pandemic yaitu fasilatas kurang mendukung, kurangnya kesadaran, pendidik, lingkungan dan orang tua.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Kualitas Akhlak
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:37
Last Modified: 11 Jan 2023 01:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9205

Actions (login required)

View Item View Item