Implementasi Program Infaq Peserta Didik Dalam Menanamkan Kesadaran Peduli Sosial di SMP Negeri 1 Dukupuntang Kabupaten Cirebon

Maulana Ibnu Affan, (2022) Implementasi Program Infaq Peserta Didik Dalam Menanamkan Kesadaran Peduli Sosial di SMP Negeri 1 Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1 cover - daftar isi.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya program infaq yang ditetapkan di SMP Negeri 1 Dukupuntang. Di mana tidak banyak sekolah sederajat yang menerapkan program infaq dalam pembelajarannya seara langsung. Program infaq ini menjadi program rutinan pada hari Jum’at di SMP Negeri 1 Dukupuntang untuk menanamkan kesadaran peduli sosial peserta didik. Oleh karena itu, peneliti merasa tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai program infaq tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui proses pelaksanaan program infaq, kedua, tingkat kesadaran peduli sosial peserta didiknya, ketiga, faktor pendukung dan penghambat program infaq di SMP Negeri 1 Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Infaq itu harta yang dikeluarkan oleh seseorang setiap mereka mendapatkan atau memiliki rezeki yang lebih atau tidak kepada siapapun yang berhak mendapatkannya dengan hanya mengharapkan ridho dari Allah ta’ala. Seperti anak yatim, orang yang kurang mampu dan lain-lainnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dan dalam teknik pengambilan datanya peneliti menggunakan teknik observasi, wawanara, dan dokumentasi. Untuk mengkaji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk proses pelaksanaan program infaq di SMP Negeri 1 Dukupuntang berjalan dengan lancar pada setiap hari Jum’at. Peneliti dapat menyimpulkan kurang kesadarannya adalah mayoritas dari peserta didik laki-laki. Faktor pendukung program infaq ini berasal dari : pertama, pihak sekolah yaitu kepala sekolah, guru-guru, serta komite-komite sekolah dalam bentuk pemberian dukungan. kedua, diri sendiri, peserta didik yang sudah sadar akan kegiatan infaq akan merasa senang saat berinfaq dan tidak merasa kehilangan hartanya untuk berinfaq. Faktor penghambatnya yaitu berasal dari peserta didik itu sendiri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Infaq, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:42
Last Modified: 11 Jan 2023 01:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9206

Actions (login required)

View Item View Item