STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MELAKUKAN IBADAH SHALAT LIMA WAKTU PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 DUKUPUNTANG

Asih Fadhillah, (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MELAKUKAN IBADAH SHALAT LIMA WAKTU PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 DUKUPUNTANG. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1 COVER - daftar isii.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya kesadaran mengenai kewajiban ibadah shalat lima waktu khususnya pada siswa kelas IX A di SMP Negeri 1 Dukupuntang. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan strategi dari guru PAI di SMP Negeri 1 Dukupuntang, agar program sekolah yang memiliki Motto “MANTAPKU SEJATI” yang bisa diartikan sebagai :”Beriman Tagwa, Peduli Lingkungan Sehat dan Berbudi Pekerti” itu dapat tercapai dan terlaksana dengan baik seperti sebagaimana mestinya. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru PAI, kendala yang dialami guru PAI, serta bagaimana kesadaran siswa mengenai kewajiban shalat lima waktu khususnya kelas IX A di SMP Negeri I Dukupuntang. Shalat merupakan ibadah yang paling penting, yang bila dilakukan dengan benar dan penuh perhatian, amalan ini akan membuat ruh dan hati manusia menjadi bersih dan bersinar. Dengannya dia juga akan mampu melepas dan mengubah akhlakakhlak yang terpuji dan menggantikannya dengan akhlak-akhlak yang mulia. Sangat baiklah kiranya jika seseorang senantiasa melakukan shalatnya pada awal waktu dengan kehadiran hati dan jauh dari riya serta senantiasa ingat kepada Allah dalam setiap kalimat yang diucapkannya dan juga sadar, bahwa dirinya sedang berdialog dengan Allah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dan dalam tekhnik pengambilan datanya peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengkaji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dari guru PAI sendiri yaitu dengan memberikan motivasi, pengarahan, serta melakukan pendekatan secara khusus terhadap siswa yang masih lalai dalam shalatya. Terkhusus pada saat sebelum adanya pandemi covid, strategi yang dilakukan adalah mengontrol kehadiran siswa di jam shalat dzuhur berjama'ah di masjid sekolah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Ibadah Shalat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:14
Last Modified: 11 Jan 2023 02:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9212

Actions (login required)

View Item View Item