ETIKA PELAJAR DALAM KITAB ADAB AL'ALIM WA AL-MUTA'ALLIM KARYA KH. M. HASYIM ASY'ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

Erwin Kurniawan, (2022) ETIKA PELAJAR DALAM KITAB ADAB AL'ALIM WA AL-MUTA'ALLIM KARYA KH. M. HASYIM ASY'ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa ada beberapa persoalan yang kini harus dihadapi oleh sistem pendidikan nasional. Salah satunya adalah menurunnya akhlak dan moral pelajar. Terdapat banyak contoh kasus yang menunjukan bahwa tujuan dari sistem pendidikan di Indonesia masih belum tercapai secara maksimal. Terdapat banyak para tokoh yang menyumbangkan pemikirannya tentang pendidikan berupa dengan karya-karya buku yang dijadikan rujukan dalam pembelajaran salah satunya adalah kitab Adab Al’alim wa Al-Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asyari, dimana kitab tersebut memuat mengenai etika seorang pelajar dalam menuntut ilmu agar mendapatkan kemanfaatannya. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui riwayat hidup KH. M. Hasyim Asy’ari. Kedua, untuk mengetahui konsep etika pelajar menurut KH. M. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab Al ‘Alim Wa Al-Muta’allim. Ketiga, untuk mengetahui relevansi etika pelajar yang terkandung dalam kitab Adab Al ‘Alim Wa Al-Muta’allim dengan tujuan pendidikan nasional. Etika pelajar adalah aturan tingkah laku atau kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan dan tidak dilakukan oleh pelajar dalam belajar dengan bimbingan maupun arahan dari seseorang atau sekelompok orang yang menjalankan kegiatan pendidikan dalam proses pembelajaran. Kitab Adab Al ‘Alim Wa Al-Muta’allim merupakan kitab karangan KH. M. Hasyim Asy’ari dimana berisi tentang etika-etika seorang pelajar ketika sedang menuntut ilmu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan (libary research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif analitik. Hasil penelitian ini adalah Pertama, KH. M. Hasyim Asy’ari merupakan seorang ulama indonesia yang lahir di Jombang Jawa Timur pada tahun 1871, beliau sudah banyak menciptakan banyak karya dalam berbagai bidang keilmuan dan menjadi rujukan bagi para ulama-ulama di dunia. Kedua, Etika pelajar menurut pandangan KH. M. Hasyim Asy’ari adalah sebuah konsep bahwa dalam menuntut ilmu pelajar dianjurkan untuk secara tekun dan fokus. Pada sisi lain KH. M. Hasyim Asy’ari menekankan pentingnya pelajar untuk mensucikan jiwa dalam belajar. Ketiga, menunjukan adanya keterkaitan ataupun relevansi antara kitab Adab Al ‘Alim Wa Al-Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asy’ari dengan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam UU. RI No. 20 Tahun 2003.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Etika Pelajar, Adab Al'Alim Wa Al-Muta'allim, KH. M. Hasyim Asy'ari, Tujuan Pendidikan Nasional
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:23
Last Modified: 11 Jan 2023 02:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9213

Actions (login required)

View Item View Item