IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK DI PAUD TERPADU AISYIYAH KOTA CIREBON

Meillyndha Dwi Chandra, (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK DI PAUD TERPADU AISYIYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PIAUD IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Nilai agama dan moral merupakan untuk membentuk perilaku, tindakan, dan ketentuan yang baik dan buruknya, melainkan juga dalam membentuk sikap moral pada anak usia dini. Terutama dimasa pandemi anak-anak belajar dari rumah yang mengakibatkan anak tidak bisa secara langsung belajar menggunakan sentra imtaq melainkan dibantu dengan orang tua di rumah. Di PAUD Aisyiyah masih terdapat beberapa anak yang daya tangkap dalam pembelajarannya sedikit terhambat termasuk pada saat pembelajaran nilai agama dan moral di sentra iman dan taqwa terutama dalam masa pandemi. PAUD Terpadu Aisyiyah menerapkan model pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) atau biasa disebut Sentra untuk mengembangkan nilai agama dan moral anak, salah satunya di sentara imtaq (iman dan taqwa) dalam mengembangkan aspek nilai agama dan moral anak Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, subyek penelitiannya adalah kepala sekolah, tenaga pendidik. Metode penegumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran BCCT dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak di lingkungan PAUD Terpadu Aisyiyah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran (BCCT) dilakukan bersama guru dan murid dengan kegiatan perencanaan seperti senam kemudian membaca ikrar di halaman kemudian membaca doa dan hadist, kemudian guru melakukan penilaian terhadap anak. 2) Kegiatan nilai agama dan moral berpusat pada sentra imtaq (iman dan taqwa) seperti wudhu, sholat berjama’ah, dan mengaji secara bergantian. 3) Implementasi model pembelajaran BCCT dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini seperti yang disampaikan melalui sentra imtaq (iman dan taqwa) yang memuat konsep agama, hal ini terbukti bahwa anak mampu melakukan kegiatan seperti berwudhu, sholat berjam’ah, dan mengaji.perkembangan nilai agama dan moral anak sangat baik karena anak mampu mandiri , mengenal agama yg dianutnya, berperilaku sopan terhadap guru maupun sesama teman, bisa mengucapkan salam maupun mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STTPA).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, BCCT, NAM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:23
Last Modified: 12 Jan 2023 01:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9232

Actions (login required)

View Item View Item