IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, MATHEMATICS) PADA MEDIA LOOSE PART DI TK BOUGENVIL KABUPATEN KUNINGAN

Larras Ekawati Azzahra, (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, MATHEMATICS) PADA MEDIA LOOSE PART DI TK BOUGENVIL KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S1 PIAUD IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi pada abad 21 memunculkan tantangan dan tuntutan baru dalam dunia pendidikan. Tantangan dan tuntutan baru tersebut meliputi 2 hal yakni mengharuskan pembelajaran lebih mempersiapkan anak dalam menghadapi dunia kerja serta menggabungkan ke 5 bidang (Sain, Teknologi, Teknik, Seni, Matematika) dalam proses pembelajaran. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini akan menguraikan secara deskriptif mengenai implementasi pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, arts, mathematics) pada media loose part di TK Bougenvil Kabupaten Kuningan. Jenis penelitian yang akan digunakan ialah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni sumber data primer yang didapatkan dari pendidik di TK Bougenvil dan sekunder yang didapatkan dari dokumentasi berupa foto penggunaan media loose part. Teknik pengumpulan data peneliti peroleh melalui wawancara kepada guru kelas, observasi kepada dua puluh delapan anak beserta guru kelas, dan dokumentasi foto pada saat anak dan guru menggunakan media loose part. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi pembelajaran bebasis STEAM (science, technology, engineering, arts, mathematics) di TK Bougenvil sudah dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam satu bulan. Selama pelaksanaan ini tentunya masih terdapat ketidaksesuaian dengan konsep STEAM pada media loose part seperti terdapatnya instruksi, tidak diterapkan langkah eksplorasi serta tidak ada format RPPH dan penilaian harian. Selain itu, untuk dampak yang diberikan sudah cukup baik terutama pada kemandirian, keaktifan, menghargai teman serta berkomunikasi. Namun pada indikator 2 (imajinatif) masih kurang baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Abad 21, STEAM, Loose Part, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:59
Last Modified: 12 Jan 2023 01:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9238

Actions (login required)

View Item View Item