PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING (CURAH GAGASAN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Eksperimen terhadap siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga )

Novi Setia Nurafriani, (2012) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING (CURAH GAGASAN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Eksperimen terhadap siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350002_NOVI NURAFRIANI_58451088__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Novi Setia Nurafriani. NIM 58451088: “Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming (Curah Gagasan) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika (Studi Eksperimen terhadap siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan Pada Pokok Bahasan DimensiTiga)”. Skripsi. Cirebon : Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012. Salah satu potensi manusia yang dapat berperan dalam menentukan tingkat keberhasilan pembelajaran adalah berpikir kritis. Dengan berpikir kritis seseorang dapat berpikir secara evaluatif dan mengambil keputusan dari suatu permasalahan. Untuk itu diperlukannya metode yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan pemikiran kritis siswa. Salah satu metode yang sesuai dengan pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa adalah metode pembelajaran brainstorming. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode brainstorming dan kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu untuk mengetahui pengaruh metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode pembelajaran brainstorming adalah suatu cara kerja yang sistematis melalui penggalian pendapat dalam rangka menghimpun gagasan, pengetahuan, dan pengalaman untuk memperkirakan sejauh mana pengetahuan peserta didik. Metode pembelajaran brainstorming dapat memberikan gagasan baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya sehingga dapat merangsang pemikiran siswa dalam berpikir kritis dalam memecahkan suatu permasalahan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Ciniru tahun ajaran 2011-2012 yang berjumlah 4 kelas dengan jumlah 147 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik sampling yang digunakan peneliti jika peneliti mempunyai pertimbanganpertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X D yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian dengan uji hipotesis menunjukan bahwa nilai thitung pada variable metode pembelajaran brainstorming adalah 6,244, nilai ttabel pada taraf kepercayaan 95% (α= 5%) adalah 2,032. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel (6,244 > 2,032) yang berarti bahwa hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh penerapan metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa juga baik yaitu 72,82. Dari hasil pengujian nilai koefisien determinasi sebesar 53,4% maka dapat diartikan bahwa variable metode pembelajaran brainstorming memberikan konstribusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 53,4%, kelinieran regresi pada Anova , nilai F=38,981 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka regresi dapat dipakai untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan persamaan regresinya =1.891 X.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 06:28
Last Modified: 07 Jun 2017 01:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item