PENGGUNAAN MEDIA ARABIC VOCABULARY BOARD UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB ANAK USIA 5-6 TAHUN, DI PAUD NURUL FAQIH GEGUNUNG KECAMATAN SUMBER CIREBON

Hamidah, (2022) PENGGUNAAN MEDIA ARABIC VOCABULARY BOARD UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB ANAK USIA 5-6 TAHUN, DI PAUD NURUL FAQIH GEGUNUNG KECAMATAN SUMBER CIREBON. Bachelor thesis, S1 PIAUD IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kendala dalam pelaksanaan proses pembelajaran di PAUD Nurul Faqih Gegunung Kecamatan Sumber dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab anak yang masih sangat kurang, kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kosakata bahasa Arab anak hanya berupa kegiatan membaca saja yang dilakukan seminggu sekali, tanpa adanya pengembangan bahasa pembelajaran lain yang dapat menstimulasi dan membantu dalam meningkatkan pengembangan pemahaman kosakata bahasa Arab anak, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengembangan bahasa Arab anak. Kesadaran orangtua dan pendidik akan pentingnya pengembangan bahasa anak sangat kurang. Oleh karena itu, melalui penelitian ini, peneliti memiliki tujuan mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran menggunakan media Arabic Vocabulary Board untuk membantu meningkatkan kosakata bahasa Arab anak. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) melalui rangkaian empat kegiatan diantaranya ialah perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, pengamatan, dan yang terakhir refleksi. Penelitian ini dilakukan di PAUD Nurul Faqih Gegunung Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi, 2) Dokumentasi, dan 3) Wawancara. Jenis analisis data yang dihasilkan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari perhitungan kuantitatif deskriptif kemudian dideskripsikan secara naratif. Analisis dilakukan pada setiap siklus dengan teknik deskriptif persentase. Keseluruhan hasil dari penilaian berdasarkan jumlah anak dan indikator terjadi peningkatan pada setiap siklusnya yaitu sebagai berikut: Hasil Pra Siklus mendapatkan nilai sebesar 47,5% dan Hasil Siklus 1 mendapatkan nilai sebesar 73,75% sehingga terjadi peningkatan sebesar 25,25%. Sedangkan pada Siklus 2 setelah melakukan refleksi dari siklus 1 dan perbaikan-perbaikan lainnya mendapatkan hasil sebesar 93,76% sehingga dari Siklus 1 ke Siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 20,68%. Dapat disimpulkan bahwa media Arabic Vocabulary Board dapat meningkatkan pengembangan bahasa anak usia dini pada anak kelompok B di PAUD Nurul Faqih Gegunung Kecamatan Sumber.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kosakata Bahasa Arab, Media Arabic Vocabulary Board, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:07
Last Modified: 12 Jan 2023 02:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9240

Actions (login required)

View Item View Item