Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Serial Animasi Riko The Series dan Relevansinya Terhadap Materi Pelajaran Akidah Akhlak di MI

Nur 'Afiatus Sa'adah, (2021) Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Serial Animasi Riko The Series dan Relevansinya Terhadap Materi Pelajaran Akidah Akhlak di MI. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan suatu usaha menghilangkan kebiasaan�kebiasaan buruk agar terciptanya perilaku-perilaku lahir maupun batin yang baik guna membentuk keseimbangan antara hablumminallah dan hablumminannas. Di era milenial ini, para orang tua dan guru dihadapkan dengan fenomena kemerosotan akhlak anak akibat penggunaan gadget dan akses terhadap media sosial seperti YouTube. Film kartun atau film animasi asing seperti Larva, Barbie, Doraemon, Masha and The Bear serta Frozen yang disukai dan banyak ditonton oleh anak-anak ternyata sarat akan perselisihan, kekerasan, perbuatan tidak sopan, dan juga percintaan. Film-film ini tidak layak dijadikan contoh bagi anak-anak dalam rangka pembentukan akhlak yang baik. Film serial animasi Riko The Series merupakan salah satu film animasi atau film kartun yang sarat dengan nilai-nilai pendidikan akhlak, Qur’an dan sains. Sehingga dapat dijadikan referensi tontonan yang tepat guna membantu pembentukan akhlak serta menambah wawasan keislaman dan keilmuan bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai�nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam film serial animasi Riko The Series; (2) Untuk mengetahui materi pelajaran Akidah Akhlak kelas rendah di MI; dan (3) Untuk mengetahui relevansi antara nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film serial animasi Riko The Series terhadap materi pelajaran Akidah Akhlak di MI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian berupa metode semiotika teori Charles Sanders Peirce. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi dan transkrip. Subjek dalam penelitian ini adalah film serial animasi Riko The Series Season 1 yaitu episode 1, 3, 8, 17, dan 20 yang ada di dalam kanal YouTube Riko The Series. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) dengan model interaktif. Uji kreadibilitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film serial animasi Riko The Series meliputi akhlak terhadap Allah Swt., Rasulullah Saw., diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan dan akhlak bernegara; (2) Materi pelajaran Akidah Akhlak di kelas rendah (I, II, dan III) MI meliputi materi tentang dua kalimat syahadat, asmaul husna, kisah keteladanan nabi, rukun iman, kalimat thayyibah, adab dan akhlak sehari-hari,sifat wajib bagi Allah Swt., surga dan neraka serta kisah Kan’an; (3) Relevansi antara nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film serial animasi Riko The Series terhadap materi pelajaran Akidah Akhlak di kelas rendah MI dilihat dari segi materi pokok per bab (secara garis besar) serta berpedoman pada Kompetensi Dasar yang termaktub di dalam KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, Film Serial Animasi, Materi Pelajaran Akidah Akhlak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:43
Last Modified: 12 Jan 2023 02:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9245

Actions (login required)

View Item View Item