Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Buku Pop Up Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Adab Di Kelas V MI AL-Hidayah GUPPI Kota Cirebon

Puput Purnama, (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Buku Pop Up Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Adab Di Kelas V MI AL-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER s.d DAFTAR ISI.pdf

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang diketahui dari studi pendahuluan yang mana bahwasannya pembelajaran akidah akhlak di kelas V MI AL-Hidayah GUPPI belum pernah dipergunakannya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media buku pop up. Oleh karena itu, dilakukan penerapan model NHT berbantuan media buku pop up ini diharapkan hasil belajar siswa akan mencapai hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V MI AL-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media buku pop up di kelas V MI AL-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media buku pop up terhadap hasil belajar akidah akhlak materi adab di kelas V MI AL-Hidayah GUPPI. Model Numbered Head Together (NHT) merupakan suatu model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan didepan kelas. Media buku pop up merupaakan sebuah buku yang memiliki unsur 3 dimensi dan dapat bergerak ketika halamannya dibuka. Sedangkan hasil belajar adalah kemampuan – kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Sampel yang digunakan sebanyak 28 siswa kelas V MI AL-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS 16.0 dan penelitian ini diolah dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired samples test (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar akidah akhlak materi adab di kelas V MI AL-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik diperoleh hasil uji determinasi 24,1% (besarnya pengaruh). Kemudian uji hipotesis menyatakan bahwa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Number Head Together (NHT), Buku Pop Up, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:52
Last Modified: 13 Jan 2023 00:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9249

Actions (login required)

View Item View Item