PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN EXE (E-LEARNING XHTML EDITOR) POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMPN 3 KUNINGAN

Fitria Fauziah, (2012) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN EXE (E-LEARNING XHTML EDITOR) POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMPN 3 KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350003_Fitria Fauziah__ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Fitria Fauziah. NIM 58451019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Menggunakan eXe (e-learning XHTML editor) Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas VIII SMPN 3 Kuningan. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Juni 2012. Proses pembelajaran yang terpaku pada buku cetak sebagai satu-satunya sumber belajar bagi siswamenyebabkan mereka merasa jenuh dan sulit dalam belajar, terutama bagi mereka yang mempunyai minat yang sangat rendah untuk membaca. Sebagai seorang pendidik, guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan saat kegiatan belajar salah satunya yaitu dengan mengembangkan bahan ajar berbasis web dengan menggunakan aplikasi eXe (e-learning XHTML editor). Bahan ajar ini dapat didesain semenarik mungkin yang disesuaikan dengan kebutuhan akademis siswa, tentunya dengan harapan dapat mewujudkan proses pembelajaran yang lebih menarik. Adapun tujuan dari penelitain ini adalah(1) mengembangkan bahan ajar berbasis web menggunakan eXe pada pokok bahasan bangun ruang kubus dan balok, (2) melihat respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan bahan ajar berbasis web menggunakan eXe dan (3) mengkaji apakah terjadi peningkatan secara signifikan rata-rata hasil belajar matematika siswa antara yang menggunakan bahan ajar berbasis web menggunakan eXe dengan hasil belajar matematika siswa yang tidak menggunakan bahan ajar berbasis web menggunakan eXe. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan bahan ajar berbasis web menggunakan eXe. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan angket baik itu angket ahli maupun angket sisiwa. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika siswa sedangkan angket ahli digunakan untuk mengetahui kualitas media yang digunakan. Sedangkan angket siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap media. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Kuningan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII semester II tahun ajaran 2011-2012 dengan jumlah 81 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni hasil evaluasi media diperoleh dari segi materi, media sudah termasuk kriteria Sangat Baik dengan skor 83% dan dari segi media juga sudah termasuk kriteria Sangat Baik dengan skor 97,5%. Untuk respon siswa terhadap media yang dibuat termasuk kriteria Sangat Baik dengan skor sebesar 84%. Sedangkan hasil belajar matematika siswa dengan analisis Uji Independent T-tes diperoleh nilai thitung sebesar 8,816Dengan menggunakan taraf signifikasi sebesar 5% diperoleh nilai ttabel sebesar 1,9908. Karena 8,816 > 1,9908 maka H0 ditolak. Ini artinya bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar berbasis web menggunakan eXe (e-learning XHTML editor) lebih tinggi dibanding dengan siswa yang tidak menggunakan bahan ajar berbasis web menggunakan eXe (e-learning XHTML editor). Kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, eXe

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 06:36
Last Modified: 06 Jun 2017 04:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item