PENGARUH TES URAIAN (ESSAY) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Ciawigebang Kuningan)

Lusi Luthfiati Ramdliyani, (2012) PENGARUH TES URAIAN (ESSAY) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Ciawigebang Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350004_Lusi Luthfiati Ramdliyani (58451116)__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Lusi Luthfiati Ramdliyani. NIM 58451116. PENGARUH TES URAIAN (ESSAY) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut agama Islam Negeri, Juli 2012. Di SMP N 1 Ciawigebang diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menganalisis soal matematika masih kurang, siswa cenderung menuliskan langsung hasil akhir dari soal yang diberikan guru tanpa disertai cara yang jelas dan sistematis. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih rendah. Tes uraian dipilih sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk melatih siswa meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya dalam pembelajaran matematika, karena tes uraian dalam banyak hal mempunyai kelebihan, terutama dalam hal kemampuan bernalar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar kemampuan tes uraian (essay) siswa; (2) seberapa besar kemampuan berpikir kritis matematis siswa; dan (3) mengetahui adakah pengaruh tes uraian terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada pokok bahasan garis singgung lingkaran. Tes uraian membuat siswa mampu mengekspresikan diri secara kreatif sehingga mampu menganalisis, mengidentifikasi, menghubungkan masalah dengan pengetahuan yang dimiliki, kemudian dapat menyimpulkan suatu masalah dengan alasan yang tepat. Dengan kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciawigebang yang berjumlah 347 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yang kemudian diperoleh kelas VIII E dengan jumlah siswa 37 sebagai sampel penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa skor rata-rata tes uraian sebesar 19,27 sedangkan skor rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis sebesar 11. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan  = 0,05, diketahui bahwa ada pengaruh tes uraian terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dengan koefisien determinasi sebesar 47,6%, sedangkan sisanya sebesar 52,4% ditentukan oleh faktor lain. Kata kunci: tes uraian, berpikir kritis matematis

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 06:42
Last Modified: 06 Jun 2017 06:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/926

Actions (login required)

View Item View Item