Pengaruh Metode Role Playing Pada Pembelajaran Qur’an Hadist Terhadap Sikap Tanggung Jawab Siswa Kelas 4 Di MI Madinatunnajah Kota Cirebon

Anisa Syafitri, (2022) Pengaruh Metode Role Playing Pada Pembelajaran Qur’an Hadist Terhadap Sikap Tanggung Jawab Siswa Kelas 4 Di MI Madinatunnajah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Kurangnya inovasi atau metode pembelajaran selama pembelajaran berlangsung. Sehingga kurang bermakna bagi perkembangan pribadi dan watak peserta didik, yang berakibat pada lemahnya daya tangkap peserta didik dalam memahami pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode role playing pada pembelajaran Qur'an Hadist terhadap sikap tanggung jawab siswa dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV di MI Madinatunnajah Kota Cirebon. Menurut (Asih Widi Wisudawati, 2014) Metode Role Playing adalah cara yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menghubungkan realitas dalam bentuk peran gaming. Sedangkan pembelajaran Qur‟an Hadist adalah menekankan pada kemampuan membaca dan menulis Al-Quran hadits dengan benar, hafalan terhadap surat – surat pendek dalam Al-Quran. Penelitian metode role playing menggunakan metode observasi dan sikap tanggung jawab siswa menggunakan metode angket. Data dianalisis menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana berbantuan SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pelaksanaan metode role playing berjalan dengan baik hal ini dibuktikan dengan presentase sebesar 75% dengan mean 50,5 dan tergolong tinggi. (2) sikap tanggung jawab siswa tergolong pada kategori sedang yaitu sebesar 70% siswa berada di kategori sedang. (3) terdapat pengaruh antara metode role playing dengan sikap tanggung jawab siswa dimana nilai thitung > ttabel dan nilai Signifikan lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa metode role playing pada siswa kelas 4 di MI Madinatunnajah memiliki pengaruh positif terhadap sikap tanggung jawab.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Attitude, Responsibility
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 Jan 2023 00:52
Last Modified: 16 Jan 2023 00:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9265

Actions (login required)

View Item View Item