Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Media video Animasi Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa di Kelas 5D MI An-Nidhomiyah Kab. Cirebon Tahun 2021/2022

Anindita Pratiwi Hidayat, (2022) Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Media video Animasi Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa di Kelas 5D MI An-Nidhomiyah Kab. Cirebon Tahun 2021/2022. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB V.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan yang ada siswa kelas 5D yang belum berhasil dalam proses pembelajaran daring tematik disekolah. Hasil belajar siswa rendah terbukti dari perolehan nilai siswa pada saat penilaian ulangan harian pada materi Tema 4 (Sehat itu Penting) Subtema 3 (Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia) Pembelajaran 1 muatan IPA dan Bahasa Indonsia. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pembelajaran daring pada mata pelajaran tematik kelas 5D di MI An-Nidhomiyah 2) mendeskripsikan hasil belajar mata pelajaran tematik kelas 5D di MI An�Nidhomiyah pada pembelajaran daring melalui media video animasi 3) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran daring melalui media video animasi terhadap hasil belajar tematik kelas 5D di MI An-Nidhomiyah. Hasil belajar menjadi salah satu indikator pencapaian tujuan pembelajaran dikelas tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi belajar itu sendiri, faktor tersebut digolongkan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pembelajaran daring melalui media video animasi termasuk faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian experimental Research dengan desain penelitian the one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan dat menggunakan observasi, angket, dan tes. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh jumlah siswa kelas 5D MI An-Nidhomiyah yang berjumlah 31 siswa. data penelitian ini di olah menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil angket pembelajaran daring melalui media video animasi yaitu 81% memiliki hasil kuat. Dari skor maksimal hasil belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 81,6 menunjukan bahwa hasil belajar siswa baik. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring melalui media video animasi terhadap hasil belajar tematik sebesar 85,9%, dengan nilai sig 0.000 < probabilitas 0,05. Kemudian diketahui t hitung < t tabel yakni sebesar -12,308 < 2,042. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak artinya ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring melalui media video animasi dengan hasil belajar tematik siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Media video Animasi, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:12
Last Modified: 16 Jan 2023 01:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9268

Actions (login required)

View Item View Item