Implementasi Intellegence Kinesthetic Dalam Mengembangkan Potensi Diri Siswa Kelas 5 Di Mi Madinatunnajah Kota Cirebon

Putri Dwi Liestiyani, (2022) Implementasi Intellegence Kinesthetic Dalam Mengembangkan Potensi Diri Siswa Kelas 5 Di Mi Madinatunnajah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini dilatarbelakangi pada konsep kecerdasan kinestetik ini peneliti menitikberatkan pada ranah psikomotorik yang menjelaskan mengenai kemampuan untuk mengkoordinasikan bagian tubuh dengan otak. Siswa yang memiliki kecerdasan kinestetik ini akan memberikan lebih banyak kesempatan pada anak untuk bermain dan berinteraksi dengan teman seusianya. Apabila siswa selalu dilatih dalam kreativitasnya maka akan menghasilkan suatu potensi. Dalam mengembangkan potensi ini peneliti melihat dari potensi jasmani dan rohani melalui kegiatan intrakurikuler dan ektrakurikuler. Potensi diri ialah kemampuan yang dimiliki oleh seorang yang masih terpendam serta memiliki mungkin untuk bisa dikembangkan bila didukung dengan peran dan lingkungan, latihan dan fasilitas yang mencukupi. Hal ini maka tugas dari seorang guru lah untuk membantu mencari serta mengembangkan potensi yang dimiliki setiap siswa. Karena sesungguhnya tidak ada anak yang bodoh akan tetapi anak yang tidak mau berusaha untuk menemukan potensi yang siswa miliki. Penelitian ini bertujuan untuk : (1). mengetahui intellegence kinesthetic siswa kelas 5 di MI Madinatunnajah Kota Cirebon, (2) mengetahui potensi siswa kelas 5 di MI Madinatunnajah Kota Cirebon dan (3). Untuk mengetahui hambatan yang di hadapi siswa dalam mengembangkan potensi diri siswa kelas 5 di MI Madinatunnajah Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan oleh peneliti yaitu wawancara angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 MI Madinatunnajah Kota Cirebon dengan jumlah siswa 21. Berdasarkan hasil penelitian mengenai implementasi intellegence kinesthetic yang diterapkan oleh guru sudah diterapkan dengan baik. Kemampuan psikomotor anak baik. Dalam penerapan intellegence kinesthetic guru telah melakukan pembalajaran untuk melatih psikomotor anak yaitu salah satunya dengan membimbing siswa dalam membuat kreativitas keterampilan tangan menggunakan barang-barang bekas seperti membuat kotak tisu, vas bunga, kemoceng, tas dan lain sebagainya. Kemudian hasil penelitian mengenai potensi diri siswa kelas 5 di MI Madinatunnajah Kota Cirebon dalam menyebarkan angket potensi diri bahwa siswa cenderung cukup memiliki potensi yang ada di dalam diri siswa kelas 5.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Kinestetik, Potensi Diri
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:15
Last Modified: 16 Jan 2023 01:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9269

Actions (login required)

View Item View Item