Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Materi IPA Perubahan Wujud Benda di MI An-Nur Kota Cirebon

Nida Padlillah, (2022) Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Materi IPA Perubahan Wujud Benda di MI An-Nur Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran sangat dibutuhkan minat dari setiap peserta didik, hal ini bertujuan agar setiap peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru. Namun pada kenyataannya minat setiap peserta didik tidak menentu sehingga konsentrasi merekapun tidak terfokus. Maka dalam hal ini dalam proses pembelajaran diperlukan alat bantu pembelajaran yaitu media pembelajaran. Media papan flannel merupakan media pembelajaran berupa grafis yang efektif untuk menyajikan pesan-pesan tertentu dari seorang guru kepada sasaran tertentu pula (Peserta didik), media tersebut terbuat dari papan dan dilapisi kain flanel yang digunakan untuk membantu menyampaikan pembelajaran. Sedangkan Minat belajar merupakan perasaan senang dan tertarik pada suatu obyek, dan kesenangan itu lalu cenderung untuk memperhatikan sehingga aktif berkecimpung dalam obyek tersebut. Seseorang yang berminat terhadap aktifitas akan memperhatkan secara konsisten dengan rasa senang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan media papan flannel di kelas V MI An-Nur Kota Cirebon (2) mengetahui minat belajar siswa kelas V MI An-Nur Kota Cirebon (3) mengetahui pengaruh penggunaan media papan flannel terhadap minat belajar siswa kelas V MI An-Nur Kota Cirebon. Peneliti ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes berupa soal pilihan ganda. Penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas V. Yang terbagi dalam dua kelas yakni V.1 berjumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen dan V.2 berjumlah 39 sebagai kelas control. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji-T independen sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas V.1 yang pembelajaran yang menggunakan media papan flanel lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan media papan flanel. Hal tersebut dibuktikan Dengan hasil uji determinasi nilai R Square (Koefisien determinasi) sebesar 0,199 x 100 = 19,9%.. Interpretasinya adalah pengaruh variabel x atau bebas (Media Papan Flanel) terhadap variabel y atau terikat (Minat Belajar) adalah 19,9%. Sedangkan sisanya sebesar (100%-19,9% = 80,1%) dipengaruhi oleh faktor lain. Serta pengujian hipotesis menggunakan Independen Sample T-Test dan di peroleh pada taraf kesalahan 5% (T-Tabel = 1.666) nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya < 0,05 dan nilai t-hitung > t-tabel yaitu 3.998> 1.666. Maka kesimpulannya bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian terdapat pengaruh media papan flanel terhadap minat belajar siswa materi IPA Perubahan Wujud Benda di Kelas V MI AN-nur Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Papan Flanel, Minat Belajar IPA
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:40
Last Modified: 16 Jan 2023 01:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9275

Actions (login required)

View Item View Item