PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS III DI MI NURUR ROHMAH KOTA CIREBON

Zahra Yuniar Panca Hidaya, (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS III DI MI NURUR ROHMAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Salah satu hal yang penting dalam segala macam proses pembelajaran adalah membaca. Melalui membaca berbagai ilmu pengetahuan akan mengantarkan pada kesuksesan. Membaca adalah proses pengucapan tulisan untuk mengerti isi yang dimaksud. Pada perkembangannya, lingkungan sekolah merupakan tempat yang dipercaya sebagai sarana untuk memberikan pelayanan pendidikan yang baik untuk anak. Realita pada masyarakat malah lebih antusias menonton televisi dari pada membaca. Rendahnya minat baca membuat anak semakin jauh dari buku sehingga kurangnya pengetahuan anak. Menumbuhkan keinginan pada siswa untuk membaca dan meningkatkan pemahaman membaca. Semakin sering siswa membaca, semakin baik dan semakin tinggi kemampuan tingkat membacanya. Jika anak memiliki tingkat pemahaman yang tinggi dalam membaca akan mudah anak-anak dalam memahami pelajaran mereka di sekolah. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui bagaimana media pembelajaran buku cerita bergambar siswa kelas III di MI Nurur Rohmah Kota Cirebon. 2. Untuk mengetahui bagaimana minat membaca siswa kelas III di MI Nurur Rohmah Kota Cirebon. 3. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran buku cerita bergambar terhadap minat baca kelas III di MI Nurur Rohmah Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif desain Pre�Experimental Designs bentuk One Group Pretest-Posttest Design. karena desain ini belum merupakan eksperimen sungguh-sungguh. Karena masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen. Berdasarkan pengolahan lembar observasi, diperoleh skor kategori baik atau sesuai dengan presentase yang didapatkan yaitu 90%. Guru menerapkan media pembelajaran buku cerita bergambar dengan baik di dalam kelas. Selain observasi, pengolahan angket secara keseluruhan diperoleh skor sebanyak 85% yang tergolong dalam kategori sangat kuat karena berada diantara 81%-100%. Maka hasil ini menerangkan bahwa siswa merespon point angket sesuai dengan pilihan siswa. Pengaruh variabel bebas (media pembelajaran buku cerita bergambar) terhadap variabel terikat (minat baca siswa adalah 52,8% sedangkan sisanya 47,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh media pembelajaran buku cerita bergambar terhadap minat baca siswa kelas III di MI Nurur Rohmah Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Buku Cerita Bergambar, Minat Baca
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:46
Last Modified: 16 Jan 2023 01:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9277

Actions (login required)

View Item View Item