PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN REALISTHIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DENGAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 2 SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON

IKA YULIYANTI, (2012) PERBANDINGAN ANTARA PENDEKATAN REALISTHIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DENGAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 2 SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350006_IKA YULIYANTI_07450684__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

IKA YULIYANTI : “Perbandingan Antara Pendekatan Realisthic Mathematic Education (RME) Dengan Open-Ended Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMPN 2 Suranenggala Kabupaten Cirebon”. Proses pembelajaran di sekolah khususnya untuk bidang studi matematika, guru kebanyakan menggunakan model pembelajaran klasikal pasif dimana guru mendominasi sehingga cenderung pasif. Mengantisipasi hal tersebut kreatifitas seorang guru sangat dibutuhkan agar hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai. Salah satunya dengan pendekatan Realisthic Mathematic Education (RME) yang mana dalam proses pembelajarannya siswa dikatkan deangan suatu yang real, baik yang dialaminya langsung maupun hanya sekedar mengetahuinya. Pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended juga tidak terlepas menghadapi problem. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh hasil belajar siswa dengan pendekatan RME, untuk memperoleh hasil belajar siswa dengan Open-Ended. Untuk mengetahui perbedaan antara yang menggunakan pendekatan RME dengan Open- Ended. Menurut Freudenthal pendekatan matematik realistik (Realisthic Mathematic Education) bahwa matematika bukan suatu subjek yang siap saji untuk siswa, melainkan bahwa matematika adalah suatu pelajaran yang dinamis yang dapat dipelajari dengan cara mengerjakanya. Pembelajaran Open-Ended dalam kegiatan pembelajaran adalah ketika siswa diminta mengembangkan metode, cara, atau pendekatan yang berbeda dalam menjawab permasalahan yang diberikan dan bukan berorientasi pada jawaban (hasil) akhir. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan tes. Penelitian dilakukan di SMPN 2 Suranenggala Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon. Populasinya seluruh siswa kelas VII di SMPN 2 Suranenggala Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon. Sementara sampel penelitian diambil dengan teknik cluster sampling, yang dijadikan kelas penelitian dua kelas, yaitu kelas VIIA yang berjumlah 35 siswa dengan pendekatan Realisthic Mathematic Eduaction (RME) dan VIIF yang berjumlah 33 siswa dengan Open- Ended dengan jumlah dari 280 siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa dengan pendekatan Realisthic Mathematic Education (RME) pada kelas VIIA rata-rata 56 termasuk kategori kurang. Sedangkan hasil belajar siswa dengan Open-Ended pada kelas VIIF rata-rata 62 termasuk kategori rendah. Perbedaan hasil belajar antara Realisthic Mathematic Education (RME) dengan Open-Ended dalam pengujian SPSS menggunakan Independent Sample Test diketahui tidak ada perbedaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 06:52
Last Modified: 06 Jun 2017 04:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item View Item