PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA PENERAPAN TES FORMATIF PILIHAN GANDA ALTERNATIF DENGAN URAIAN TERSTRUKTUR PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGIEMPAT SISWA KELAS VII SMP NU GEBANG

SRIYANA, (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA PENERAPAN TES FORMATIF PILIHAN GANDA ALTERNATIF DENGAN URAIAN TERSTRUKTUR PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGIEMPAT SISWA KELAS VII SMP NU GEBANG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350007_SRIYANA_58451141__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SRIYANA : Perbandingan Hasil Belajar Matematika Antara Penerapan Tes Formatif Pilihan Ganda Alternatif dan Uraian Terstruktur Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segiempat Siswa Kelas VII SMP NU Gebang. Proses belajar mengajar yang baik tidak cukup hanya didukung oleh perencanaan pembelajaran, tetapi harus diimbangi dengan kemampuan melakukan evaluasi terhadap pencapaian kompetensi peserta didik. Dalam proses evaluasi hasil belajar, dapat dilakukan dengan teknik tes maupun non tes. Teknik tes dapat dilakukan dengan pemberian soal. Bentuk soal dapat berupa soal tes sumatif, tes formatif, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika antara penerapan tes formatif pilihan ganda alternatif dengan uraian terstruktur pada pokok bahasan bangun datar segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP NU Gebang yakni 166 siswa dengan jumlah sampel 54 siswa. Data yang terkumpul diolah menggunakan perangkat lunak SPSS 18. Hasil belajar matematika secara keseluruhan yang diperoleh kelompok 1 adalah nilai tertinggi sebesar 80 dan nilai terendah sebesar 50. Nilai rata-rata diperoleh dengan menjumlahkan nilai belajar matematika secara keseluruhan kemudian dibagi sejumlah sampel. Dari 15 soal pilihan ganda alternatif diperoleh rata-rata 66. Diperoleh data hasil belajar matematika 44,44% siswa dengan kategori sedang dan 55,56% siswa kategori tinggi. Hasil belajar matematika pada kelompok 2 adalah nilai tertinggi sebesar 83 dan nilai terendah sebesar 48. Nilai rata-rata diperoleh dengan menjumlahkan nilai belajar matematika secara keseluruhan kemudian dibagi sejumlah sampel. Dari 5 soal uraian terstruktur diperoleh rata-rata 65. Diperoleh data hasil belajar matematika 55,56% siswa dengan kategori sedang dan 44,44% siswa kategori tinggi. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t paired sampel t test. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai sig sebesar 0,810, ini berarti >0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak ada perbedaan hasil belajar matematika antara penerapan tes formatif pilihan ganda alternatif dengan uraian terstruktur pada pokok bahasan bangun datar segiempat siswa kelas VII SMP NU Gebang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 06:55
Last Modified: 07 Jun 2017 02:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/930

Actions (login required)

View Item View Item