Pengaruh Pemanfaatan Media Youtube terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IV di MI Darul Hikmah Full Day School

Lingga Geusan Lugina, (2022) Pengaruh Pemanfaatan Media Youtube terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IV di MI Darul Hikmah Full Day School. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab di Indonesia adalah sebagai Bahasa Asing seperti Bahasa Inggris, Prancis, Jepang, China, Korea dan lain-lain. Hal ini menjadikan para pelajar tidak telalu menekuni pembelajarannya Selain itu, rendahnya minat siswa, dan dianggap sulit menjadi alasan terbesar mengapa para peserta didik mengalami kesulitan dalam pempelajari Bahasa Arab. Hal ini membuat guru dituntut untuk mengembangkan kreativitasnya dalam pembelajaran agar para peserta didik merasa mudah dan tertarik dengan pelajaran Bahasa Arab. Untuk itu, pemanfaatan media youtube digunakan dalam pelajaran Bahasa Arab kelas IV di MI Darul Hikmah Full Day School Cirebon dengan harapan media youtube dapat meningkatkan ketertarikan minat dan hasil belajar Bahasa Arab siswa. . Tujuan dari penelitian adalah sebagai berikut: 1) Mengetahui pemanfaatan media youtube dalam proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Arab di kelas IV MI Darul Hikmah Full Day School. 2) Mengetahui hasil belajar mata pelajaran Bahasa Arab sebelum dan sesudah menggunakan media youtube dalam proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Arab di kelas IV MI Darul Hikmah Full Day School. 3) Mengetahui pengaruh media youtube dalam proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Arab di kelas IV MI Darul Hikmah Full Day School. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen one group pretest-postest, dimana adanyanya perlakuan dari variabel bebas terhadap variabel terikat dalam penelitian. Penelitian menggunakan sampel jenuh. Instrument yang digunakan berupa angket, tes dan dokumentasi. Hasil dari pengolahan anget media youtube yang dibagikan kepada responden sebesar 90%, hasil ini masuk ke dalam kategori sangat layak atau sangat baik. Maka hasil ini menunjukan bahwa para responden memberikan respon baik dalam pembelajaran Bahasa arab menggunakan media youtube. Hasil pengolahan nilai secara keseluruhan pada hasil sebelum dilakukannya perlakuan media youtube (pretest) diperoleh nilai rata�rata sebesar 61.68, sedangkan pada hasil sesudah perlakuan media youtube (posttest) diperoleh nilai rata-rata sebesar 96,00. Maka dapat dikatakan bahwa tingkat hasil belajar Bahasa arab siswa termasuk ke dalam kategori tinggi. Pengaruh variabel bebas (media youtube) terhadap variabel terikat (hasil belajar) adalah sebesar 19,6% sedangkan sisanya yaitu 80,4% dipengaruhi oleh factor lain. Berdasarkan hasil drai uji regresi linear sedehana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,008 lebih kecil dari dari 0,008, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media youtube dalam pembelajaran terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas IV di MI Darul Hikmah Full Day School Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Youtube, Hasil Belajar, Bahasa Arab
Subjects: T Technology > Information Technology
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:08
Last Modified: 18 Jan 2023 01:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9317

Actions (login required)

View Item View Item