PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN BUKU STANDAR BSE (BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK) DENGAN BUKU NON BSE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMPN 2 SUMBER KABUPATEN CIREBON

FITRIYATUL MAULA, (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN BUKU STANDAR BSE (BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK) DENGAN BUKU NON BSE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMPN 2 SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350009_FITRIYATUL MAULA__ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

FITRIYATUL MAULA: “ Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara yang Menggunakan Buku Standar BSE (Buku Sekolah Elektronik) dengan Buku Non BSE pada Pembelajaran Matematika Kelas VII SMPN 2 Sumber Kabupaten Cirebon” Bahan ajar merupakan segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Buku standar BSE dan buku non BSE matematika merupakan jenis bahan ajar cetak yang dapat digunakan sebagai media dan sumber belajar bagi siswa dalam memahami materi matematika. Di SMPN 2 Sumber kebanyakan siswa merasa sulit, berat, bahkan merasa jenuh terhadap mata pelajaran matematika. Terkadang tanpa adanya media, siswa kurang memahami apa yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut dapat mengakibatkan proses belajar mengajar menjadi tidak efektif sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penggunaan buku standar BSE dan buku non BSE pada pembelajaran matematika merupakan media yang efektif dan efisien sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Tujuan penelitian ini, ingin melihat perbandingan hasil belajar siswa (aspek afektif, psikomotorik, dan kognitif) antara siswa yang menggunakan buku standar BSE dengan siswa yang menggunakan buku non BSE pada pokok bahasan segitiga. Setelah hasil dari kedua pembelajaran itu diketahui maka selanjutnya mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar (aspek afektif, psikomotorik, dan kognitif) siswa antara yang menggunakan buku standar BSE dengan buku non BSE pada pembelajaran matematika pokok bahasan segitiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data observasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VII SMPN 2 Sumber Kabupaten Cirebon. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yakni kelas VII F sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen II, dengan kriteria kedua kelas merupakan sampel yang homogen pada tingkat prestasi belajarnya. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis, untuk uji persyaratan analisis data hasil belajar (aspek kognitif) menggunakan uji normalitas, dan uji homogenitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil pengolahan data hasil belajar (aspek kognitif) siswa yang menggunakan buku standar BSE diperoleh skor sebesar 71,83 dengan kategori baik dan siswa yang menggunakan buku non BSE diperoleh kategori baik juga tetapi dengan skor sebesar 65,93. Sedangkan hasil uji hipotesis dari kedua kelas diperoleh thitung = 3,03 dan ttabel = 1,99, karena –ttabel < thitung > ttabel, maka HO ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar (aspek kognitif) siswa antara yang menggunakan buku standar BSE dengan buku non BSE pada pembelajaran matematika. Disamping itu, didukung dari data hasil observasi aktivitas siswa (aspek afektif dalam hasil belajar) kelas eksperimen I diperoleh kriteria “sering”, sedangkan pada kelas eksperimen II diperoleh kriteria “kadang-kadang” masing-masing mempunyai presentase sebesar 60%, dan aktivitas siswa (aspek psikomotorik dalam hasil belajar) pada kelas eksperimen I diperoleh kriteria “sering’, sedangkan pada kelas eksperimen II diperoleh kriteria “kadang-kadang” masing-masing mempunyai presentase sebesar 70%. Dengan demikian dari data yang ada, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa (aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik) antara siswa yang menggunakan buku standar BSE dengan buku non BSE pada pembelajaran matematika pokok bahasan segitiga kelas VII SMPN 2 Sumber Kabupaten Cirebon. Kata Kunci: Hasil belajar , Buku standar BSE, Buku non BSE

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 07:03
Last Modified: 06 Jun 2017 04:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/933

Actions (login required)

View Item View Item