Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditori dan Kinestetik (VAK) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan di Era New Normal

Siti Neli Rifa'ah, (2022) Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditori dan Kinestetik (VAK) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan di Era New Normal. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang melihat siswa kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan di era new normal yang terkadang mengalami kesulitan dalam memahami materi IPA yang dijelaskan guru. Salah satu penyebabnya karena guru lebih mengandalkan metode ceramah dan mencatat, sehingga siswa dengan gaya belajar yang berbeda-beda akan merasa cepat bosan di dalam kelas dan menyebabkan kelas menjadi tidak kondusif. Gaya mengajar guru dengan gaya belajar siswa yang tidak sesuai membuat siswa sulit mengikuti proses pembelajaran dengan baik, sehingga akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, sekolah dan dalam situasi antar pribadi sehingga gaya belajar mempengaruhi seseorang menyerap dan mengolah informasi sehingga akan memengaruhi prestasi yang dicapai (Sari, 2019). Terdapat tiga jenis gaya belajar yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gaya belajar visual, auditori dan kinestetik (VAK) siswa kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan di era new normal, (2) hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan di era new normal dan (3) mengetahui seberapa besar pengaruh gaya belajar visual, auditori dan kinestetik (VAK) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan di era new normal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif dan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 105 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling dengan jumlah sampel 59 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuisioner, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui gaya belajar siswa kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan di era new normal yaitu cenderung gaya belajar auditori sebanyak 26 siswa (44%), gaya belajar visual sebanyak 22 siswa (37%) dan gaya belajar kinestetik sebanyak 11 siswa (19%). Hasil belajar IPA kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan di era new normal yang masuk dalam kategori tuntas sebanyak 28 siswa (47,5%) dan kategori tidak tuntas sebanyak 31 siswa (52,5%) dengan rata-rata nilai sebesar 70,17. Selain itu, hasil uji hipotesis dengan uji t dua pihak pada signifikansi α = 0,05 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,046 dan thitung -2,036. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik (VAK) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan di era new normal. Adapun besar pengaruhnya adalah sebesar 6,8%, sedangkan sisanya yakni 93,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel x.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Visual, Auditori, Kinestetik, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:22
Last Modified: 20 Jan 2023 01:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9334

Actions (login required)

View Item View Item