PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI PEMBAGIAN SISWA KELAS III MI AL-WASHLIYAH PERBUTULAN

Fiki Nirmala Fauziah, (2022) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI PEMBAGIAN SISWA KELAS III MI AL-WASHLIYAH PERBUTULAN. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

Pendekatan Matematika Realistik (PMR) merupakan pendekatan yang layak untuk diterapkan karena mengkaitkan permasalahan dalam belajar kedalam kehidupan sehari-hari siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemandirian belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematis di kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan. Pada Pendekatan Matematika Realistik (PMR) diperlukan sikap kemandirian dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada diri siswa sehingga siswa dapat menyelesaikan masalah pembelajaran dengan mandiri. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan design penelitiannya true experiment design yang diimplementasikan dengan pretest�posttest control grup design. Pada penelitian populasi yang digunakan adalah seluruh kelas III siswa MI Al-Washliyah Perbutulan yang berjumlah 42 siswa. Sample yang digunakan berjumlah 21 siswa pada kelas experimen dan 21 siswa pada kelas kontrol. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, angket dan tes. Teknik pengujiannya pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji kesukaran, uji daya beda, uji statistik deskriptiptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji-t. Hasil uji validitas pada angket kemandirian belajar siswa menunjukkan seluruh nilai rhitung> rtabel sehingga seluruh datanya valid. Kemudian pada uji realibilitas pada angket kemandirian belajar siswa menunjukkan nilai cronbach alpha> koefisien alphanya yaitu 0,60 sehingga data tersebut realibel. Hasil uji validitas tes pada siswa menunjukkan seluruh nilai rhitung> rtable sehingga seluruh datanya valid. Kemudian pada uji realibilitas tes kemampuan pemecahan masalah menunjukkan nilai cronbach alpha> koefisien alphanya yaitu 0,60 sehingga data tersebut realibel. Pada uji perbedaan dua rata-rata postes kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig.> 0,05 sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh pembelajaran PMR terhadap kemandirian belajar siswa kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan. Selanjutnya, pada uji perbedaan dua rata-rata N-gain kelas eksperimen dan kontrol menggunakan uji-t diperoleh Sig. < 0,05 dapat disimpulkan terdapat pengaruh PMR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas III MI Al-Wshliyah Perbutulun. Hasil penelitian yang terahir menunjukkan Pembelajaran PMR selama dua pertemuan lebih berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas III A MI Al Washliyah Perbutulan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Matematika Realistik, Kemandirian Belajar Siswa, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:31
Last Modified: 20 Jan 2023 01:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9336

Actions (login required)

View Item View Item