PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS VIII E MTsN LOSARI KABUPATEN CIREBON (Penelitian Tindakan Kelas)

Nurul Hidayah, (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS VIII E MTsN LOSARI KABUPATEN CIREBON (Penelitian Tindakan Kelas). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350010_NURUL HIDAYAH (58451123)__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nurul Hidayah (58451123): Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Model Think Pair Share (TPS) di Kelas VIII E MTsN Losari Kabupaten Cirebon (Penelitian Tindakan Kelas) Proses pembelajaran masih bersifat teacher centered, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga siswa ragu dan malu bertanya, mengemukakan pendapat/solusi mereka kapada guru dan siswa lain. Hal tersebut yang menjadi kemampuan komunikasi matematika siswa masih rendah. Salah satu alternative pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa adalah model Think Pair Share (TPS). Oleh karena itu, dalam pembelajaran matematika peneliti menerapkan model Think Pair Share (TPS). Tujuan dari penerapan pembelajaran yaitu Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa dan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model Think Pair Share (TPS). Mengetahui respon siswa terhadap penerapan model Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran matematika. Proses pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS), siswa terlibat secara penuh, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa.Bertolak dari pemikiran bahwa membawa siswa aktif dalam pembelajaran akan mempermudah siswa meneriama konsep yang harus dikuasainya. Maka secara otomatis langkah membawa siswa aktif. Belajar merupakan suatu langkah yang efektif untuk menyampaikan suatu materi ajar. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan instrumen tes, Observasi, Angket, dan Wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E MTsN Losari yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 20 perempuan dan 18 laki-laki. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus oleh peneliti dan dibantu oleh guru matematika sebagai observer. Hasil penelitian menunjukan peningkatan dari setiap siklus. Peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yaitu siklus I sebesar 60,5% tuntas belajar dengan nilai rata-rata 60,87%, siklus II sebesar 73,7% tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 64,75 dan siklus III sebesar 84,2% tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 71,45. Peningkatan tersebut siklus I dan II sebesar 3,88%, dan pada siklus II dan III sebesar 6,71%. Peningkatan rata-rata kelas siklus I dan II sebesar 13,2%, dan pada siklus II dan III sebesar 10,5%. Peningkatan peningkatkan aktivitas belajar matematika siswa yaitu siklus I sebesar 58,33%, siklus II sebesar 65,19% dan siklus III sebesar 75,04% . Peningkatan tersebut siklus I dan II sebesar 6,86% dan pada siklus II dan III sebesar 9,85%. Respon siswa positif terhadap penerapan model Think Pair Share (TPS). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas VIII E MTsN Losari pada pelajaran matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 07:07
Last Modified: 07 Jun 2017 01:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item