IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TOLERANSI DALAM MATA PELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS V DI MI AL –HIDAYAH GUPPI KOTA CIREBON

Nurasyiah, (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TOLERANSI DALAM MATA PELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS V DI MI AL –HIDAYAH GUPPI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan dan hasil pendidikan sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu dan seimbang. Nilai karakter yang diterapkan pada penelitian ini adalah karakter toleransi. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pendidikan karakter toleransi di kelas V MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon, (2) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan implementasi pendidikan karakter toleransi dalam mata pelajaran PPKN di kelas V MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter toleransi dalam mata pelajaran PPKN pada siswa kelas V di MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan ketentuan pengamatan dan triagulasi sumber dan data. Analisis adata dilakukan pada saat pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut: (1) Karakter toleransi siswa kelas V belum semuanya dianggap bagus dalam bertoleransi, hal ini terlihat dari siswa yang kurang menghargai pendapat temannya. (2) Implementasi karakter toleransi dalam mata pelajaran PPKN di sekolah pada Kelas V MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon dapat terlaksana dengan baik melalui : 1) Program Pengembangan diri, 2) Pengintegrasian dalam mata pelajaran, 3) Budaya Sekolah. (3) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter toleransi meliputi: Warga sekolah, peserta didik/teman yang baik, tata tertib sekolah, lingkungan keluarga (pola asuh keluarga, pendidikan keluarga, status ekonomi keluarga) yang mendukung, lingkungan masyarakat (tokoh agama, tokoh adat, dan lembaga pemerintah setempat) yang baik, Sarana dan prasarana sekolah yang memadai. Sedangkan, faktor penghambat implementasi pendidikan karakter toleransi meliputi: Lingkungan keluarga (pola asuh keluarga, pendidikan keluarga, status ekonomi keluarga) yang kurang mendukung, teman yang kurang baik, lingkungan masyarakat (tokoh agama, tokoh adat, dan lembaga pemerintah setempat) yang kurang mendukung, kurangnya siswa dalam menaati aturan, motivasi siswa untuk belajar masih kurang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Toleransi, Mata Pelajaran PPKN
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:54
Last Modified: 20 Jan 2023 01:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9340

Actions (login required)

View Item View Item